Kata yang Tak Terucap



Oleh: Yusminiwati

 

Teman-teman semua pasti punya waktu luang di antara kesibukan belajar, bekerja atau aktivitas lainnya. Terkadang, waktu luang itu berlalu begitu saja. Kegiatan menulis bisa jadi salah satu alternatif kegiatan yang bisa teman-teman lakukan di waktu luang yang ada. Jika sudah ada keinginan untuk mulai menulis, jangan menunda untuk menulis. Beranikan diri untuk  mulai menulis. Manfaatkan momen-momen yang ada di sekitar kalian dengan menuliskannya. Berikut ini adalah 10 alasanku untuk mulai menulis. Mungkin saja dari beberapa alasan ini bisa jadi bahan referensi kalian untuk mulai menulis.


1.    Berbagi itu Indah

Berbagi itu bisa dengan apa saja. Berbagi pun bisa lewat tulisan. Tulisan yang kita hasilkan suatu saat pasti akan bermanfaat bagi orang lain.

Terkait dengan profesiku sebagai guru, buku-buku yang paling banyak aku miliki adalah buku bertema pendidikan. Terpikir olehku, bagaimana agar buku-buku itu juga bermanfaat bagi orang lain?

Langkah awal yang aku tempuh adalah dengan menulis satu topik yang terdapat dalam sebuah buku. Kemudian tulisan tersebut aku posting di blog pribadi. Alhamdulillah, ada beberapa orang yang menjadikannya sebagai sumber informasi untuk penyusunan karya tulis mereka.

Menulislah, suatu saat tulisanmu pasti akan berguna.


 

2.    Bermimpi Menulis Buku

Langkah pertama mewujudkan mimpi adalah dengan menuliskannya di atas kertas, kemudian berusaha yang terbaik, dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Buku lain yang menarik perhatianku ketika mengunjungi toko buku selain buku bertema pendidikan adalah buku pembahasan soal-soal. Sebagai guru kimia, aku juga harus selalu update informasi tentang tipe-tipe soal USBN, UN maupun SBMPTN setiap tahunnya.

Akupun berpikir daripada membeli buku pembahasan soal, kenapa aku tidak mencoba menulis buku sendiri. Alhamdulillah, langkah meraih mimpiku terbuka dengan ajakan seorang teman untuk bergabung dengan tim penulis buku persiapan menghadapi USBN dan UN.

Kuraih mimpiku dengan usaha terbaik.

 

3. Menulis untuk Mengingat

Aku mulai menulis dari hal yang berhubungan dengan keseharianku sebagai guru kimia, yaitu pembahasan soal-soal. Aku jadi banyak belajar bagaimana menyederhanakan jawaban soal agar lebih mudah dipahami siswa. Hal ini juga membantuku untuk mengingat konsep-konsep penting dari materi yang aku ajarkan. Alhamdulillah, aku menemukan situs yang menerima tulisanku.

Bahagia rasanya ketika aku mendapat informasi bahwa dari beberapa tulisanku, ada yang mencapai ratusan atau ribuan pembaca. Selain itu, bonusnya adalah aku mendapatkan honor dari hasil menulis tersebut. Cukuplah untuk pengganti kuota internet selama satu bulan.

Aku menulis untuk membantuku mengingat cara terbaikku menjelaskan materi.



 

4. Menulis untuk Belajar

Menulis membuatku mengalami proses pembelajaran. Belajar merangkai kata demi kata, menyusun kalimat agar penuh makna.

Menulis artikel maupun pembahasan soal kimia membuat aku banyak belajar dari segala hal. Artikel-artikel tentang kimia yang aku tulis membuatku harus banyak membaca referensi dari buku, artikel ilmiah, dan sebagainya untuk meramu suatu topik menjadi tulisan yang menarik untuk dibaca.

Menulis pembahasan soal-soal juga mengharuskan aku untuk banyak membuka referensi buku-buku pembahasan soal kimia lainnya untuk merangkum cara yang singkat untuk penyelesaian soal. Aku juga bisa banyak belajar dari aspek tata bahasa dari tulisan-tulisanku.

Menulis adalah proses belajar.

 

5. Target Dua Tulisan

Target dalam kegiatan menulis sangat penting. Dengan adanya target, dapat memotivasi penulis untuk fokus dan berusaha untuk mencapai target tersebut.

Aku bersyukur karena sekolah tempat aku mengabdi selalu memotivasi para guru untuk mengembangkan diri khususnya dalam kegiatan menulis. Setiap guru ditargetkan dapat membuat dua tulisan dalam sebulan, yaitu satu resume buku dan satu tulisan lainnya bisa berupa artikel.

Secara psikologis dengan adanya target menulis menjadi bentuk dorongan kepadaku untuk mencapainya. Akhirnya secara bertahap, alhamdulillah target itu terlampaui. Dalam sebulan aku bisa menulis lebih dari dua tulisan.

Fokus kepada target adalah cara untuk berhasil.

 

6. Wadah Menuangkan Ide

Ide bisa datang kapan saja, di mana saja, dan dari mana saja, tetapi datangnya ide tidak bisa dipaksakan. Tidak setiap saat ide itu bisa muncul.

Bagaimana cara menuangkan ide yang muncul? Ada yang menuangkan idenya dengan menuliskannya di buku harian. Adapula yang ketika mendapatkan ide, langsung mencatat poin-poin pentingnya.

Aku bukan termasuk orang yang terbiasa menulis buku harian. Aku menuangkan ideku dalam bentuk catatan kecil yang kemudian aku ubah menjadi sebuah tulisan. Aku juga terkadang menuangkan ideku dalam bentuk mind map atau peta pikiran yang memudahkanku untuk menulis.    

Aku mengikat ide dengan menuliskannya.

 


7. Memanfaatkan Waktu Luang

Waktu luang tidak akan pernah kembali, maka manfaatkan waktu luangmu dengan sebaik-baiknya. Orang sukses cenderung memanfaatkan waktu luangnya untuk tetap melakukan kegiatan yang bermanfaat.  

Aku mengisi waktu luangku dengan kegiatan membaca dan menulis di samping kegiatan lainnya. Pada awal memulai kegiatan menulis memang gampang-gampang susah. Tetapi jika sudah menjadi kebiasaan, akan terlatih dengan sendirinya.

Beranikan diri untuk mulai menulis. Mulailah dari kegiatan membaca yang konsisten kemudian tuangkan apa yang dibaca dengan cara menuliskannya. Penulis yang baik adalah pembaca yang baik, dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Waktu luangku adalah waktu terbaikku untuk menulis.

 

8. Merekam Jejak Langkahku

Rekam jejakku dalam menulis masih cukup sederhana. Aku mulai menulis karena terinspirasi dari para penulis hebat dan dari beberapa teman yang sudah menghasilkan karya. 

Aku mulai merekam sejarah kehidupanku dengan menulis. Sehingga nantinya orang lain bisa membaca hal-hal yang bermanfaat dari tulisan-tulisanku.

Ceritakan pengalamanmu, ceritakan idemu, Insya Allah suatu saat nanti tulisanmu akan berguna bagi orang lain. Mungkin saja tulisanmu bisa menginspirasi orang lain, memberi semangat untuk orang-orang yang lagi bersedih, membantu orang lain yang membutuhkan referensi, dan lain sebagainya. Mulailah menulis dan biarkan dunia membantu merekam jejak langkahmu.  

Aku menulis, aku ada.

 

9. Menulis untuk Menginspirasi

Inspirasi bisa datang dari mana saja. Hanya kita sendiri yang tahu momen yang membuat kita bisa terinspirasi akan sesuatu.

Aku terinspirasi menulis pertama kali dari teman-teman yang telah menghasilkan karya. Menulis memang tidak mudah, tetapi menulis bisa dipelajari. Jika ada keinginan pasti akan mudah. Jangan terlalu lama dipikirkan, mulai saja menulis.

Banyak hal bermanfaat yang bisa dibagikan kepada orang lain melalui tulisan kita, misalnya ilmu pengetahuan yang kita pelajari atau pengalaman hidup yang telah kita lalui. Kita tak akan pernah tahu tulisan mana yang dapat menginspirasi orang lain.

Menulislah, jadilah inspirasi bagi seseorang.

 


10. Menulis itu Membahagiakan

Kebahagiaan dapat diartikan sebagai kesenangan dan ketentraman hidup. Setiap orang punya cara tersendiri dalam menemukan kebahagiaannya.

Banyak kebahagiaan yang aku peroleh dari kegiatan menulis. Bahagia itu aku rasakan ketika mendapat teman baru di komunitas menulis. Bahagia itu aku rasakan ketika dapat menyelesaikan satu tulisan atau menghasilkan karya. Hari ini, bahagia itu aku rasakan ketika dapat menyelesaikan tantangan menulis 10 hari bersama @ruang_nulis.

Bahagia itu harus dimulai dari diri kita sendiri. Ketika kita sudah berhasil membahagiakan diri kita sendiri, maka energi positifnya akan ikut membahagiakan orang lain di sekitar kita.

Aku menulis, aku bahagia.

 

Semoga dari alasan-alasan di atas akan ada satu atau beberapa alasan yang membuat teman-teman untuk segera memulai menulis. Awalnya memang sulit, tapi jika kalian punya niat yang kuat, pasti akan terlewati juga. Buatlah karya-karya yang hebat dari tulisan kalian.

 

Makassar, 8 Agustus 2020

 


Tentang Penulis:

Yusminiwati, lahir di Makassar. Berprofesi sebagai guru kimia di SMA Islam Athirah Makassar. Beberapa tulisan penulis dapat dilihat di blog Zona Belajar Kimia, bisakimia.com dan pojokcerdas.com. Sebagian jejak langkahnya dalam menulis dibagikan lewat instagram @yusminiwati. Tak ada kata terlambat untuk belajar. Mari menebar kebaikan dengan tulisan yang bermanfaat.   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share:

40 comments :

  1. Sangat menginspirasi untuk memulai menulis...
    Sangat bermanfaat....

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas kunjungannya πŸ™

    ReplyDelete
  3. sangat menginspirasi. semangat menulis...,😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan. Semoga bermanfaat.πŸ™

      Delete
  4. Bagus sekali bu tulisannya. Saya juga sebagai penulis harus terus belajar. Betul banget itu semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya Pak. Semoga kita semua selalu diberikan kemudahan utk berbagi kebaikan lewat tulisan-tulisan kita. πŸ˜‡

      Delete
  5. Mantaaaaap bu. Terus semangat

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya.πŸ™ Salam semangat.

      Delete
  7. Masyaallah terimakasih guru sudah mengingatkan akan keindahan dan kebahagiaan (literasi), semangat terus karena ini adalah ladang amal jariyah yang tidak akan putus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya ke tulisan yg sederhana ini Guru Tati.πŸ™πŸ™πŸ™

      Delete
  8. Tetap semangat dan terus berkarya bu Guru

    ReplyDelete
  9. Sangat menginspirasi,semoga tetap sehat dan semangat Ibu Yusminiwati agar bisa terus berkarya menginspirasi banyak orangπŸ€—

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Ya Rabbal Alamin. Terima kasih atas kunjungan.πŸ˜πŸ™

      Delete
  10. MasyaAllah...semoga menginspirasi teman2 yang lain. sukses selalu ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Ya Rabbal Alamin. Terima kasih mbak Yetti sudah mampir disini. πŸ™

      Delete
  11. Replies
    1. Terima kasih sudah mampir disini. πŸ˜πŸ™

      Delete
  12. Buat saya pribadi,tulisannya sangat menginspirasi apalagi ibh berkecimpung di dunia pendidikan. Berharap kedepannya saya juga bisa mnghasilkan karya untuk pendidikan. Makasih bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya dek. πŸ˜πŸ™

      Delete
  13. Buat saya pribadi,tulisannya sangat menginspirasi apalagi ibh berkecimpung di dunia pendidikan. Berharap kedepannya saya juga bisa mnghasilkan karya untuk pendidikan. Makasih bu

    ReplyDelete
  14. Good job buat penulisnya, banyak manfaat dari tulisan ini

    ReplyDelete
  15. Keren tulisan.y, bu yus πŸ‘

    ReplyDelete
  16. semangat mbak yus..πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ
    bagus banget mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sdh mampir disini. Salam semangatπŸ™

      Delete
  17. Sukaaaa... Sukses selalu bu Yus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Ya Rabbal Alamin. Terima kasih sdh berkunjung disini. πŸ™

      Delete
  18. Hai, kak! Semoga kita selalu semangat untuk terus menulis dan berkaryaπŸ’ͺπŸ”₯
    Jangan lupa mampir ke tulisanku yaa😍

    ReplyDelete
  19. Memberikan inspirasi utk Berani menulis..

    ReplyDelete
  20. Tulisan ibu sangat menginspirasi saya untuk mulai menulis! Sukses selalu ibu! ❤️

    ReplyDelete

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis