Alasan yang Sederhana

Oleh: Ira Pardede

            Kala itu aku pernah bertanya kepada seseorang. Di antara cinta, harapan, dan kepercayaan, manakah baginya kata yang paling penting. Lalu, dengan tersenyum dia memilih kata "dan". Menurutnya, kata itulah yang paling penting karena memiliki fungsi menghubungkan kata yang satu dengan yang lainnya.

        Sebuah jawaban yang sangat sederhana, seperti halnya sesederhana alasanku menulis. Aku menulis karena menyukai dunia itu. Aku menyukainya makanya kulakukan. Alasan sederhana dari sekian banyak alasan yang kumiliki.

            Hati manusia nyatanya sesederhana itu. Semakin menyukai maka semakin bertumbuh rasa di dalamnya. Semakin menyukai maka tidak akan ditemukan beban ketika melakukan sesuatu untuknya.

            Malah sebaliknya, beban yang terkadang ada di hati bisa terlepas dengan sendirinya. Menjuntai indah kala jariku menari merangkainya menjadi untaian diksi yang siap memberi senyuman saat pandanganku tertuju padanya.

            Menulis melepaskan selaksa beban yang terkadang bersemayam menggerogoti jiwa. Yang tidak bisa tersampaikan oleh sang indera oris setidaknya terukir indah oleh jemari tanpa beban. Tanpa rasa khawatir akankah terdistorsi oleh persepsi atau tidak. Saat menulis itulah bebanku terasa menghilang. Kutemukan kenyamanan hakiki di dalamnya.

            Mengapa beban terangkat ketika menulis? Karena saat menulis, aku bebas menumpahkan bulir bening tanpa seorang pun tahu. Tidak ada rasa gundah di hati akankah orang melihat lakrimasi itu mengalir saat aksa tak lagi bisa membendungnya lama.

Saat menulis aku membiarkan diri tenggelam dalam aksara indah. Terkadang sambil terisak, jemariku menari seperti ballerina mengukir rasa yang sedang berkecamuk di cerebrum. Lakrimasi yang terasa asin saat menyentuh ujung bibir adalah pertanda bahwa apa yang tertulis di sana adalah ragam rasa yang terjadi dalam hidup.

            Menulis membuat mataku bebas berekspresi. Karena saat menangis, aku biasanya menulis. Saat kesedihan datang, lembaran putih itu menjadi media pelipur lara. Butiran Kristal yang menjelma dan mengering bukanlah pertanda bahwa ada nelangsa di jiwa atau belum berakhir. Kristal itu adalah simbolis betapa luapan hati yang bergejolak akhirnya bisa pulih saat jemari perlahan bisa menciptakan aksara yang indah.

            Tulisan itu sejatinya adalah karya eksotis yang nyatanya bisa menyembuhkan luka. Untaian kata tercipta mewakili hati yang selalu penuh asrar. Yang bisa menyampaikan citta yang bersemayam di hati.

       Lewat tulisan terkadang aku menciptakan nada walau kenyataannya aku tidak pernah paham akan memulainya dari tangga nada ke berapa. Ironis. Menulis memberiku ruang menciptakan harmoni. Menulislah kala hatimu terluka.

            Apakah hanya saat terluka jemari bereaksi dengan lincahnya? Bagi sebagian orang keadaan hati akan berpengaruh terhadap keinginan untuk menulis. Jatuh cinta juga demikian. Ketika jatuh cinta, aku akan kembali menulis.

            Menunjukkan dama tidak semudah yang pernah aku lihat  saat menonton drama Korea atau film India. Sedikit malu rasanya jika mengatakannya langsung kepada dia yang membuat hati berdebar tak karuan. Jatuh cinta sungguh begitu janardana. Banyak kata memaksa agar terucap, namun malu membuatnya tenggelam.

            Akhirnya, lembaran putih itu kembali menjadi pelampiasan jemari. Segala diksi penuh rayuan dan puja kepada sang pujaan hati mulai terangkai menjadi seuntai puisi yang indah. Terlihat jelas di rona wajah bahwa ada harsa saat mengenang dan mengabadikannya dalam nada yang lain. Sungguh… saat jatuh cinta akan muncul sejuta diksi yang indah.

            Jatuh cinta membuat pandanganku berbeda. Jatuh cinta juga membuat tulisanku terlihat tak karuan. Tulisan yang tercipta karena dama sungguh terlihat begitu bernyawa.

            Karena itulah aku kembali menyukai dunia itu. Sesederhana aku jatuh cinta tanpa tahu alasannya. Menulis membuat jiwaku bergelora serasa ingin terbang ke nirwana. Menulis membuat hatiku tenang apalagi saat ina menyapa dan aku sedang tenggelam dalam untaian aksara. Menulislah kala hatimu jatuh cinta.

            Rasa suka, luka, nyaman, dan jatuh cinta adalah bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa aku menulis. Selain itu, melawan lupa merupakan alasan lainnya dari sekian alasan yang kumiliki.

            Sejatinya, lupa merupakan sifat wajar yang insane miliki selain sifat yang lain. Namun, berbeda dengan melupakan yang harus butuh proses dan kemauan tersendiri. Saat ingatan tak seabadi yang diharapkan, tulisan menjadi sarana untuk melawan lupa. Segala kisah yang terjadi dalam hidup, segala rasa yang pernah menghuni hati akan terukir abadi lewat untaian aksara itu. Saat waktunya tiba, saat hati ingin, aku bisa membacanya kembali walau dengan ekspresi yang berbeda.

            Sesederhana itu. Aku sadar bahwa cerebrum bukanlah mentari yang selalu setia dengan janjinya, melainkan wadah yang bekerja sesuai dengan kodratnya. Kadang lupa atau bahkan berniat melupakan sesuai dengan keinginan sang pemiliknya.

            Kisah yang sudah berlalu inginku abadikan lewat aksara agar lupa tidak membuatnya hilang dari memori. Berharap akan tetap dikenang dan bisa menjadi pengingat serta guru terbaik di masa yang akan datang.

            Lebih dari itu, tulisan juga bisa sebagai wadah penyambung lidah. Berawal dari rasa suka, perlahan menjadi sebuah habit dengan harapan apa yang tertulis berfaedah untukku, untukmu, untuknya, atau untuk mereka yang membacanya dengan hati,

            Berawal dari beragam rasa yang muncul karena adanya kisah di dalamnya, perlahan rasa ingin bergejolak. Semoga nanti, suatu saat, untaian aksara yang tercipta menjadi sebuah buku akhirnya bisa ditemukan di sebuah galeri atau toko buku. Terpajang indah menunggu tangan pencintanya menggenggam dan menjadikannya miliknya yang seutuhnya. Berharap pemilik baru itu tersenyum membukanya dan memahami makna di dalamnya,

          Tulisan yang tercipta dari beragam kisah, semoga bisa menjadi penyambung lidah. Bait sajak yang tertulis rapi bisa menyampaikan tendens dari sang pencipta. Inginku, harapku. Mereka yang membaca bisa memetik hikmah dan mendapat secercah harapan dari kisah yang kutorehkan di sana.

            Walau berawal dari sebuah buku kecil yang mereka sebut diary, namun tulisan itu tetaplah aku. Tulisan itu adalah sebagian besar lika-liku perjalanan hidup yang sudah kualami. Walau dengan perspektif yang berbeda, tetaplah ada aku di sana. Dengan begitu, lewat tulisan itu, aku bisa memahami diriku. Kalian juga akan bisa memahamiku lewat ciptaan jemari itu.

            Ciptaan jemari yang nantinya aku sebut sebuah karya. Karya yang lahir dari proses yang tidak sederhana. Karya yang lahir dengan jalan yang berliku. Karya itu semoga bisa memberi energi positif kepada pembaca.

            Karya itu semoga bisa menjadi saluran berkat  tidak hanya untukku, tetapi kepada mereka yang membacanya dengan hati. Karya yang selalu bisa membangkitkan semangat untuknya yang pernah terpuruk dalam hidup. Sebuah karya yang bisa menjadi cermin atas perjalanan hidup yang penuh dengan kemunafikan. Sebuah karya yang nantinya dikenang sepanjang masa. Impianku. Harapanku.

           Seikat harapan dan doa itu menggema dan menjadi bunga dalam tidurku. Karena aku menyadari, di setiap aksara yang terukir perlahan oleh jemari ada selaskar harap yang kulantunkan dan kusembunyikan dengan diam. Di setiap untaian sajak yang menari indah saat jemari bermain dengan kojing atau ponsel tuaku, ada selaksa doa yang terselip anantara resah dan gelisah datang melanda jiwa.

        Harapan dan doa yang berasal dari sanubari kelak berbuah ranum. Semoga kamu membaca tulisanku. Semoga kamu memahami isi tulisanku. Semoga kamu tidak pernah bosan membaca karyaku. Semoga pecandu dan penikmat menemukan sesuatu yang berharga melalui karyaku. Semoga diksi tak berujung itu selalu bisa meninggalkan jejak yang tidak akan hilang walau ditelan masa. Aku menulis agar seikat harapan dan doaku direstui oleh semesta.

 

Tentang Penulis

Ira Pardede mereka biasanya menyapanya. Seorang gadis dengan sejuta harap dalam hidupnya. Rutinitas sehari-harinya adalah mengajar di SMA. Hobinya membaca dan menulis. Sebuah pesan yang selalu terpatri di hatinya dari sang dosen adalah "Orang yang pandai menulis sudah pasti pembaca, tetapi pembaca belum tentu penulis".

 

 

           

 



Share:

262 comments :

  1. Kakkk,bagus kali ceritanyaa kak, dapat gitu juga suasana alur ceritanya las dibacaa,semangatt kakak!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you ya...smoga tetap semangat berkarya..

      Delete
  2. Good job misss...bagus banget tulisannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi ya nak...tetap semangat belajar juga ya..

      Delete
  3. Sangat bagus bu...begitu menyentuh🙂

    ReplyDelete
  4. Bagus kali ceritanya bu
    Sangat menyentuh hati

    ReplyDelete
  5. Diksi indah terukir kala hati merana. Teruslah berkarya si pujangga cinta. Biar dunia tau bahwa kau sempurna dengan senyuman manja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untukmu juga selaksa harap tetap terjaga semoga karyamu mengembara ke ujung dunia

      Delete
  6. Tulisannya menarik sekali. Penggunaan diksi dan bahasanya juga kaya dan menyentuh hati pembaca. Dengan membaca karya ini, kita seperti ikut masuk dalam ceritanya.. semangat dan sukses terus ka

    ReplyDelete
  7. Bagus kak. Banyak menambah kosakata baru juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi...selalu siap berproses dengan diksinya

      Delete
  8. Tulisannya bagus sekali kak, jadi semakin banyak kosakata yang diketahui. Semangat dan sukses selalu kak:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi ya...amin..sukses utk mu juga iya...

      Delete
  9. tulisannya keren, pas baca ngalir gitu aja kayak air. semangat ya sist, semoga kedepannya lebih baik lagi👍🏻💪🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you zeung. Semoga kita tidak bosan berkarya ya...

      Delete
  10. Keren dekku.. Semoga dgn tulisanmu ini, banyak orang yang terinspirasi untuk menulis..

    Tetaplah berkarya. God bless you

    ReplyDelete
  11. Keren ya kk. Kata2nya ranum dan menyegarkan. Kadang ada rasa iri mengapa jari ini tak kunjung menari menciptakan aksara yang indah. Sukses ya kk, semoga semakin bisa menginspirasi banyak orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi ya say..semoga rasa iri berubah jadi semangat agar kelak niat dan jemari seirama dengan hati. Tetaplah berkarya walau jenuh kadang menyapa

      Delete
  12. Mantap kak, daebak memng kk ku ini bah. 😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gomawo yo nang...hehehe doakan agar kk tetap smngat

      Delete
  13. Bagus banget kak. Semangat dan sukses selalu kakak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...makasi dek...semangat utk dita juga ya...

      Delete
  14. Keren kali sih kak ,,, sukses ya kakak

    ReplyDelete
  15. Beban hilang dikala menulis ❤❤

    ReplyDelete
  16. Menginspirasi sekali kaka cuantikk
    Dan menyentuh amat.
    Tetaplah berkarya lewat tulisan tulisan kaka sehingga bisa jadi inspirasi bagi khalayak luas
    Big hug kakaku, kaka yg hebat ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi sayangku. Amin. Adek juga ya tetap berkarya dengan cara yg berbeda. Smoga kita tetap terberkati agar bisa mnjadi sumber berkat.

      Delete
  17. Keren bu....
    Semoga bisa menjadi buku dan berguna buat semua kalangan😊

    ReplyDelete
  18. Bagus banget kkakk
    Tetaplah berkarya lewat tulisan tulisan kaka sehingga bisa jadi inspirasi bagi khalayak luas

    ReplyDelete
  19. Bagus bu
    Ceritanya menginspirasi semua orang

    ReplyDelete
  20. Bagus tulisannya misa...tetap smngat berkarya ya miss....

    ReplyDelete
  21. Tulisannya menarik dan sangat menginspirasi Miss💓💓.
    Sukses yah Miss😍😍

    ReplyDelete
  22. Udah baca berkali kali tapi tetap pengen baca lagi...

    ReplyDelete
  23. Semangat dan terus berkarya Kak..

    ReplyDelete
  24. Bagus Kak, terus semangat berkarya😊
    Mampir juga yu ke tulisan saya☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mba...iya mba...tetap smngat kita ya..

      Delete
  25. Mantap, selalu semangat dalam mengembangkan segala karya-karyanya ito

    ReplyDelete
  26. Mantap dek... Lanjutkan...
    Good luck🥰🥰

    ReplyDelete
  27. Keren bu
    Ceritanya menarik
    Semoga dapat menginspirasi
    Banyak orang yang bu😊

    ReplyDelete
  28. Mantap ka e , semangat berkarya kak
    Xixi.

    ReplyDelete
  29. Wah setuju awak itu sama apa yg dosen zeung bilang, kerenn zeung tulisannya.
    Iya lah hobby zeung cocok membaca dan menulis. Kalau awak hoby nya tidur, tiba bangun ehh dapat transferan wkwkwk
    😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi zeung....smoga rasa jenuh tidak melanda ku...

      Delete
  30. Yayyyy😂😂fans banget sama tulisann sama missnya😂😘
    Always good luck miss

    ReplyDelete
  31. Terima kasih untuk segala untaian harap dan doa yang mengalir melalui media ini.

    ReplyDelete
  32. Bagus mae
    Sukses yah mae 😊😊

    ReplyDelete
  33. Wow🥰🥰😱😱
    Bagus Bu🥰🥰

    ReplyDelete
  34. Penggunaan diksinya bagus kakk, suka bacanyaaa, sukses terus kak!❤

    ReplyDelete
  35. Bagus kali miss🤩
    Menyentuh hati, seakan akan kita jug ikut merasakannya....
    Semangatmiss

    ReplyDelete
  36. Keren.. Semoga tulisannya bermanfaat ya kak :)

    ReplyDelete
  37. Dulu aku suka menulis.menulis adalah obat yang manjur saat dilanda kecewa dan sedih.namun disaat bahagia aku sulit untuk merangkai kata.semenjak lulus kuliah aku melupakan hobiku yang satu ini karena lebih fokus buat RPP.😄setelah menikah aku malah seakan kehilangan minat menulis.tadi hp ku berbunyi ka Ira kasih link ini.q baca hatiku terusik untuk mencoba menulis lagi.kubayangkan gimana nikmatnya ka Ira merangkai kata yang dipikirannya.aku ingin merasakan kenikmatan itu lagi.
    Mauliate ka Ira🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga hasrat menulisnya kembali membara ya dek.

      Delete
  38. Dulu aku suka menulis.menulis adalah obat yang manjur saat dilanda kecewa dan sedih.namun disaat bahagia aku sulit untuk merangkai kata.semenjak lulus kuliah aku melupakan hobiku yang satu ini karena lebih fokus buat RPP.😄setelah menikah aku malah seakan kehilangan minat menulis.tadi hp ku berbunyi ka Ira kasih link ini.q baca hatiku terusik untuk mencoba menulis lagi.kubayangkan gimana nikmatnya ka Ira merangkai kata yang dipikirannya.aku ingin merasakan kenikmatan itu lagi.
    Mauliate ka Ira🥰

    ReplyDelete
  39. Hai kak, semoga kita selalu semangat untuk terus berkarya����
    Jangan lupa mampir ke tulisanku yaa��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mba...asssyiappp nanti saya mampir.

      Delete
  40. Bagus kak..kunjungi juga yaaa..makasi 😊

    ReplyDelete
  41. Alur cerita nya bagus banget kk 😍 so good

    ReplyDelete
  42. mantap dek...tingkatkan ya...

    ReplyDelete
  43. Terima kasih banyak sudah membaca artikel sederhana saya ya...

    ReplyDelete
  44. Suatu harapan akan tercapai
    Jika ada kemauan dan semangat yang tak tau lelah...
    BU "PARDEDE"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali....terimankasih karena sudah menikmati artikelnya ya...

      Delete
  45. Mantaaff kk Ira.. Sukses yaa kak.. 😊👍👍

    ReplyDelete
  46. permainan diksi yang luar biasa...tetap smngat berkarya adinda...

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Mantap miss
    Semangat terus untuk berkarya 💪

    ReplyDelete
  50. WOW😍
    ceritanya menarik 👍
    diksi yang bagus
    tetap berkarya Miss

    goodluck😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you...amin...semangat juga untukmu ya..

      Delete
  51. Bagus Miss🥰
    Ceritanya bagus dan menarik hati dan mata saya untuk terus membaca diksi Miss

    Good luck Miss🥰

    ReplyDelete
  52. Untuk kesekian kalinya membaca karya miss tapi artikel yang satu ini sungguh menggugah perasaan

    Mantap miss👍
    Terus berkarya lebih lagi untuk orang seperti ku yang tidak pandai merangkai kata namun suka membaca😁

    Good job miss❤😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you dear. Semoga mulai ada keinginan untuk mengasah bakatnga ya...semangat

      Delete
  53. Bagus banget miss
    Menyentuh sampe ke jantung
    Jadi ada niat menulis
    Hehe😂

    ReplyDelete
  54. Sangatt bagus Bu😍
    Ceritanya menyentuh hati😊
    Tetap semangat dlm berkarya ya Bu💪😍

    ReplyDelete
  55. Karyanya bagus miss��
    Ceritanya menarik dan banyak menambah kosa kata baru

    Tetap semangat berkarya dan memberi motivasi kepada semua orang melalui karya-karya miss

    Good job miss����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi y nak...amin...semoga lelah dan jenuh tidak menghampiri miss😀😀😀

      Delete
  56. Wahhh👍👍
    karyanya sangat bagus dan menarik miss
    Dan dapat menambah kosa kata

    Tetap semangat dalam berkarya miss ceritanya menyentuh batin miss😅

    Tetaplah menulis dan memberi motivasi lewat nenulis miss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi nak...semoga bisa tetap berkarya tanpa jenuh

      Delete
  57. Bagus dan menarik sekali cerita nya miss👍
    Dapat menambah kosakata yang baru
    Sukses selalu ya miss❤

    ReplyDelete
  58. Bagus bangat miss👍👍
    Ceritanya menarik dan menyentuh hati
    Semoga dapat menginspirasi banyak orah yah miss.

    Semangat trus miss💪😍

    ReplyDelete
  59. Saya sangat suka bu..
    Sangat menyentuh hatii<3

    ReplyDelete
  60. Bagus miss ....
    Ceritanya sangat indah . Alurnya jelas . Teruslah berkarya miss dan dapat menambah kosakata lagi .
    Semoga tulisan✍ miss menjadi inspirasi setiap orang

    Semangat miss❤❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...thank you nak ...smoga jadi terinspirasi ya menulis

      Delete
  61. Cerita nya bagus bangat buu 🤩🤩🤩

    ReplyDelete
  62. Sangat baguss bu��
    Menyentuh hati,saya jadi ingin menulis hehe��
    <3

    ReplyDelete
  63. Keren Miss��
    Semoga karyanya semakin sukses Miss����

    ReplyDelete
  64. Nice artikel artikel bu, sangat menginspirasi :)
    Ada kosa kata yang baru saya ketahui
    Membuat saya ingin menggunakannya dalam menulis

    ReplyDelete
  65. Keren Miss artikelnya,banyak menambah kosa kata baru juga

    Sukses truss miss karyanya

    ReplyDelete
  66. Keren bu,sangat menyentuh..
    Sukses terus dalam berkarya ya bu..

    Dari: S.Gohantua Sinaga,XS3:)

    ReplyDelete
  67. Bagus sekali bu sangat menyentuh dan meningkalkan jejak di hati
    Semoga karya ibu semakin di kenal luas bu
    Semangat dan terus berkarya bu☺☺

    Dari : Hotasi siboro
    Kelas: XS3

    ReplyDelete
  68. Karyanya sangat bagus bu.
    Dan dapat menyentuh hati si pembaca

    ReplyDelete
  69. Ceritanya membuat orang yang membaca, terus terus ingin membaca BU..

    ReplyDelete
  70. Ceritanya membuat sipembaca ingin terus membaca cerita tersebut BU ..

    ReplyDelete
  71. Tulisan ny menarik,saya suka membaca ny.ceritanya membuat orang yang membaca terus ingin membcaanya

    ReplyDelete
  72. Tulisannya bagus dan menarik dan juga pesan dan kesannya sangat menyentuh hati dan istilah yang ada pada artikelnya sangat unik bu

    ReplyDelete
  73. Tulisanya menarik bu,saya juga lebih banyak mengetahui kosakata baru bu.Semoga ibu tetap semangat dalam berkarya,Amin.
    Dari:Riska Siboro
    Kelas:Xiis2

    ReplyDelete
  74. Cerita nya menarik bu
    Setelah baca cerita ibu,Jadi pengen nulis cerita menumpahkan keluh kesah. Semakin menyukai maka semakin bertumbuh rasa di dalamnya. Semakin menyukai maka tidak akan ditemukan beban ketika melakukan sesuatu.Tetap semangat bu

    ReplyDelete
  75. Tulisan nya sangat lah bagus Bu dan saya banyak dapatkostanta semoga ibu tetap semangat LG berkarya terima kasih dari: Alep sagala
    Kls: xiis2

    Reply

    ReplyDelete
  76. Cerita nya sangatenarik dan desa mudah di pahami

    ReplyDelete
  77. Makasi untuk semua komen, saran dan doanya ya...

    ReplyDelete
  78. Sangat bagus bu guru, semangat terus menulisnya :)

    ReplyDelete
  79. Bagus bu ceritanya

    Semoga cerita ibu dapat menginspirasi banyak orang🙂

    ReplyDelete
  80. Bagus bu❤

    Ceritanya menarik dan sangat menyentuh.
    Alurnya juga bagus dan dapat menambah kosakata lagi.

    Semoga cerita ibu jadi inspirasi bagi setiap orang.

    Semangat dan sukses truss dalam berkarya ya bu❤��

    Nama:Asri Sihaloho
    Kelas:X MIA-3

    ReplyDelete
  81. Bagus bu❤

    Ceritanya menarik dan sangat menyentuh.
    Alurnya juga bagus dan dapat menambah kosakata lagi.

    Semoga cerita ibu jadi inspirasi bagi setiap orang.

    Semangat dan sukses truss dalam berkarya ya bu❤��

    Nama:Asri Sihaloho
    Kelas:X MIA-3

    ReplyDelete
  82. Bagus bu❤

    Ceritanya menarik dan sangat menyentuh.
    Alurnya juga bagus dan dapat menambah kosakata lagi.

    Semoga cerita ibu jadi inspirasi bagi setiap orang.

    Semangat dan sukses truss dalam berkarya ya bu❤��

    Nama:Asri Sihaloho
    Kelas:X MIA-3

    ReplyDelete
  83. Makasi atas komennya ya anak2 ibu

    ReplyDelete
  84. penuh diksi dan alurnya keren. Semoga tulisan ibu menyebar luas Dan membakar semangat pembacanya ..

    Semoga semakin banyak jiwa² yang tenggelam menyelami dunia menulis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...terima kasih adinda. Semoga kelak dirimu bisa berkarya lewat tulisan

      Delete
  85. Bu jalan ceritanya bagus dan sangat memotivasi saya untuk lebih baik lagi��. Akan tetapi, penggunaan istilah membuat saya agak sulit memahami sebagian cerita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi ya nak. Kalau kurang paham sama istilah di dalamnya boleh lihat di kamus ya lengkap kok disana arti kata. Atau boleh juga tanya sama ibu..

      Delete
  86. Makasi untuk saran dan komentarnya yg luar biasa ya..

    ReplyDelete
  87. Evi cindra sinaga

    Ceritanya bagus bu, menarik, mengispirasi dan menambah kosakata baru👈👌

    Semoga karya ibu semakin sukses, luas dan menjadi inspirasi bgi setiap orng yg membaca😃🙂🙂

    ReplyDelete
  88. Terimakasih bu atas tulisannya. Sangat menarik dan membuat saya terinspirasi untuk menulis. Ditunggu karya-karya berikutnya ya bu. Goodluck bu..

    ReplyDelete
  89. Karya ibu menarik bu....Didalam nya memuat Ajakan serta menginspirasi banyak orang untuk lebih sering menulis dalam situasi bgaimana pun.
    Semoga ibu sukses dlam melanjutkan Karya2 ibu...

    GoodLuck Miss

    Wulan L.simbolon
    X Mia3

    ReplyDelete
  90. Keren Bu😍

    Artikelnya sangat bagus Bu,sangat menginspirasi dan menyentuh hati pembaca Bu
    Semangat terus Bu dalam berkarya nya Bu✍️✍️
    Good luck Miss

    Reslinda Wati Sagala
    X IIS 1

    ReplyDelete
  91. Artikel ibu sangat bagus dan begitu menginspirasi banyak orang.tetap semangat ya bu dalam berkarya.
    GOOD LUCK MISS

    Jelina sihotang

    ReplyDelete
  92. Artikel ibu sngat menarik dab bagus sekali💫 sngat menginspirasi dan myntuhh..smngt terus yh bu dlm berkarya ...

    Dari:ulita sidabutar



    ReplyDelete
  93. Sangat bagus bu💖

    Ceritanya menarik Bu,bagus, menginspirasi dan menambah kosakata baru.


    Semoga artikel ini dapat menginspirasi kan bagi semua yang membaca. Semoga karya ibu semakin sukses dan luas.


    Good luck Miss💖💖


    Nanentri Sihaloho

    XII Mia 2

    ReplyDelete

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis