DEMI PENA DAN APA YANG MEREKA TULISKAN

Oleh : Iis Notavia

 

Bagiku menulis adalah sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Dengan menulis kita bisa mengekspresikan diri kita, menyebarkan sebuah informasi, mengabadikan sebuah kejadian dimana mungkin kelak akan menjadi sebuah sejarah yang akan terus diingat dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menulis. Berikut adalah 10 poin penting yang menurutku bisa didapatkan dengan menulis.

 

1.             Memperkuat Ingatan



          Hal utama yang membuatku yakin menulis adalah untuk memperkuat ingatan, bagi kami yang memiliki keterbatasan ingatan menulis menjadi satu-satunya andalan. Lupa adalah hal yang wajar bagi manusia tapi ada hal penting yang tidak bisa kita lupakan contohnya ilmu, momen kebahagiaan, unik yang pantas untuk kita kenang. Terkadang menceritakan dari mulut ke mulut pun lebih banyak melekat lewat tulisan daripada ucapan.

          Seperti yang kita tahu para ilmuwan, mereka menuliskan apa yang menjadi ilmu dan akhirnya ter sampaikanlah ilmu tersebut sampai anak cucu dan tersimpan berabad-abad lamanya.



2.             Semakin Giat Membaca




          Membaca dan menulis dua bagian yang berbeda tapi mereka tak bisa dipisah, seperti halnya makan dan minum apabila kita ingin memperlancar apa yang telah kita makan makan kita dianjurkan untuk minum, begitu juga dengan menulis kalau kita mau lancar menulis maka kita harus rajin membaca. Ada pula yang menyampaikan membaca 1 buku untuk menghasilkan 1 bait jadi kalau kita ingin menghasilkan 1 buku maka harus lebih dari 1 buku yang kita baca.


 

3.             Perekam  Sejarah



          Seperti yang kita ketahui selama sekolah ada pelajaran yang namanya Sejarah, lalu sejarah tersebut dari mana kalau bukan dari para ilmuwan yang mengabadikan melalui sebuah tulisan, dan sejarah tersebut akan terus berubah sesuai dengan perkembangan dunia. Kita, sebagai penduduk dunia pasti akan merasakan rol modelnya perkembangan sebuah sejarah lalu kalau bukan kita yang menulisnya siapa lagi? Karena kita tahu ilmuwan terdahulu sudah gugur dan yang pantas untuk meneruskan adalah kita.


4.             Menambah Wawasan



          Semakin kita banyak menulis maka kita juga banyak membaca dari membaca ini lah kita bisa mendapatkan wawasan yang luas, seperti kata pepatah "membaca adalah jendela dunia". Maksud dari kalimat tersebut adalah dengan membaca kita bisa tahu isi dunia atau mendapat pengetahuan yang banyak.

 

5.             Semakin Produktif




          Bagaimana tidak dengan menulis kita bisa banyak membaca, menambah wawasan, apalagi kalau mengikuti kelas menulis dan didalamnya kita mendapat komunitas yang positif. Banyak hal yang dibutuhkan dalam sebuah penulisan dan mewujudkan produktivitas diri. Bisa kita ambil contoh jualan online, tulisan juga sangat dibutuhkan untuk berdagang dan disini produktivitas kita meningkat.

          Dengan menulis wawasan terus bertambah, detik-detik hayatnya terisi sesuatu yang bermanfaat bagi diri dan orang lain, langkah dan aktivitasnya tak kan terbuang ke perkara yang tiada manfaat sama sekali, karena dirinya tersibukkan oleh beragam informasi, fakta, wawasan, ilmu, pengetahuan, penelitian, pengamatan, observasi, survei yang harus tergali dan terkumpulkan sebagai referensi bahan yang akan ditulisnya.

 

6.             Sebagai Media Belajar




          Menulis adalah media belajar, dengan menulis akan mendorong dan menuntut kita menyerap, menggali dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk menopang tema yang hendak ditulisnya, baik informasi yang bersifat teoritis atau berupa fakta-fakta yang terjadi.

          Saat mencari dan mengumpulkan informasi inilah kita sebenarnya sedang tenggelam dalam dunia belajar, sedang mengasah dan mempertajam otak juga pikiran, sedang mengembangkan diri jua meningkatkan kemampuan, sedang belajar bijak dan santun dalam berfikir.

 

7.             Sebagai Media Dakwah




          Yang sering kita ketahui selama ini berdakwah hanya da'i, kyai dan semisal, lalu mereka melakukan rutinitas berdakwah dengan metode bil lisan dan nggak banyak dari kita yang bisa menyampaikan melalui lisan. Sedangkan yang kita pelajari bahwa "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya" (HR. Muslim no. 1893).

          Maka siapapun dari kita (hamba Allah) pasti berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala yang berlimpah. Maka, metode menulis sangat dianjurkan sebagai media dakwah, agar generasi dari kita tak kehilangan pemahaman.

 

8.             Memecahkan Masalah/ Healing




          Menulis itu ibarat kita sedang berbicara kepada diri kita yang lain. Saat otak terasa 'gaduh', menulis bisa dijadikan terapi mengurai 'kegaduhan'. Ada kalanya kita merasa kesulitan mengungkapkan sesuatu secara lisan. Kita cenderung menyimpan energi-energi negatif dalam diri kita. Namun, ketika kita mencoba menuliskannya, maka secara tidak langsung hal tersebut justru 'menyembuhkan'.

          Seperti halnya  bapak Habibie menjalani hari-hari yang begitu berat saat kehilangan istri tercintanya yaitu ibu Ainun.

 

9.             Komunikasi Terbaik




          Menulis bisa dijadikan sebagai media komunikasi yang terbaik, media komunikasi kita dengan orang lain, media untuk menyampaikan apa yang kita inginkan, menyebarkan apa yang kita gagaskan, dan mengajak orang lain serta menggiring mereka untuk ikut berpikir dan berkembang.

 

10.         Menggapai Cinta Illahi




          Menulis adalah ikhtiar menuju keabadian, kata seorang sastrawan menulis adalah amal jariyah yg tak putus. Seandainya ulama tak menulis kita tidak tahu bagaimana caranya mencontoh Rasulullah, karena semua ada dalam tulisan. Allah bersumpah dengan pena dan apa yang mereka tuliskan :
والقلم وما يسطرون...
Demi pena dan apa yang mereka tuliskan...
(Al-Qalam)

 

 

 

Iis Notavia (Lamongan, 8 Agustus 2020)



Tentang Penulis :

Iis notavia dikenal sebagai iis, keluarganya sering memanggilnya dengan sebutan 'mbak via'. Lahir 07 november 1996. Menjadi penulis bukan cita-citanya tapi dengan menulis dia merasakan kenyamanan yang LUAR BIASA, dengan secara tidak langsung sebagai healing untuk mengikis masalah yang menumpuk di pikirannya. Kalian bisa mengenalnya lebih dekat melalui akun instagram @iisnotavia

 

Share:

10 comments :

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis