Alasan Menulis Oleh Hertanti

Oleh: Tanti Dede

Perkenalkan nama saya Tanti, pada awalnya saya tidak berkeinginan untuk menjadi seorang penulis. Tetapi sedari kecil saya memang sangat gemar menulis dan bercerita, melalui media buku yang sering saya sebut diari. Dan pada saat saya masih duduk di bangku SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), saya pernah mengikuti perlombaan menulis puisi dan cerpen. Dan tanpa di duga saya berhasil memenangkan perlombaan tersebut dengan hasil menduduki juara 1 menulis cerpen dan juara 3 menulis puisi, saya sangat bahagia karena karya pertama saya mendapatkan respons yang positif.

Dan sejak saat itulah saya berkeinginan, bahwa suatu saat saya akan menjadi seorang penulis yang mempunyai banyak karya serta di cintai oleh masyarakat. Dan sekarang saya memiliki 10 alasan yang mendorong saya untuk kembali menulis setelah lama mati suri, dan alasan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Sebagai sarana untuk saya menuangkan dan mencurahkan isi pikiran, termasuk semua khayalan yang terkadang sulit untuk di ucapkan dengan kata-kata atau di gambarkan dengan sebuah lukisan. Karena semua khayalan yang terlintas begitu beragam dan apabila tidak di tuangkan menjadi sebuah cerita terkadang membuat saya merasa terganggu, karena semua itu akan mengusik dan bercampur menjadi satu dengan pikiran dunia nyata saya.

2. Sebagai sahabat setia yang tidak terlihat dan sarana saya menciptakan dunia yang asik untuk diri saya sendiri, di karenakan sedari kecil saya memang sangat gemar bercerita melalui tulisan. Semua perasaan saya bagikan melalui tulisan-tulisan antah berantah, terkadang demi menulis saya akan mengumpulkan lembaran kertas yang tidak terpakai lalu untuk saya tulisi dengan berbagai curahan hati.

3. Di karenakan saya memiliki sifat pelupa yang agak berlebih, maka menulis adalah alternatif saya untuk mengingat kembali informasi-informasi yang telah saya terima sebelumnya.

4. Pada awalnya saya sama sekali tidak menyadari bahwa tulisan saya terkadang, memberikan inspirasi untuk orang-orang yang membacanya. Hingga suatu saat saya menyadari semuanya, bahwa dengan saya menulis sesuatu yang bermanfaat akan memberikan dorongan positif untuk orang lain. 

5. Setelah saya masuk dan belajar di lingkungan penulis, saya menemukan banyak teman-teman baru yang sangat berbakat. Dan dari mereka lah saya banyak mengambil pengalaman dan ilmu, meski tak pernah berjabat tangan tapi kami saling merangkul satu sama lainnya.

6. Dengan menulis menjadikan saya pribadi yang memiliki banyak wawasan dan pengetahuan, karena sebelum saya menulis semua akan di awali dengan membaca ataupun menerima informasi terlebih dahulu.

7. Dengan menulis membantu saya untuk memahami akan sebuah materi pembelajaran dengan mudah, karena pada saat saya masih duduk di bangku sekolah dulu saya susah belajar dengan metode menghafal.

8. Dengan menulis saya bisa mengukur kemampuan berbahasa saya, dan dengan kegiatan menulis juga  saya mampu mempelajari ragam bahasa baku dan tidak baku. Karena tanpa di sadari terkadang bahasa yang banyak kita gunakan sehari-hari adalah bahasa yang belum sepenuhnya benar, dan jika kita pelajari kembali banyak sekali bahasa yang kita belum ketahui.

9. Dengan menulis saya bisa memperkenalkan adat, budaya, dan suku negara saya pada seluruh dunia. Karena jika kita menuliskan sebuah karya yang menggambarkan keindahan negara kita dan karya tersebut di lihat, oleh banyak orang di belahan dunia yang lainnya. Maka itulah saatnya karya kita memperkenalkan negara kita yang indah ini pada seluruh dunia, indah bukan?

10. Dan yang terakhir adalah dengan kegiatan menulis saya bisa menunjukan keunikan yang ada pada diri  saya yang tidak di ketahui oleh orang lain, karena melalui sebuah tulisan kita mampu menggambarkan sesuatu tanpa harus melukiskannya di atas kanvas.

Sebenarnya masih banyak alasan-alasan yang lain mengapa kita harus menulis, setidaknya satu kali dalam selama hidup yang sudah kita lalui. Namun untuk kali ini saya mencoba untuk membagikan 10 alasan saja mengapa saya harus menulis, dan jika ada kesempatan lain waktu akan saya bagikan kembali alasan-alasan yang lainnya.

Dan kesimpulannya adalah dengan kegiatan menulis akan mendatangkan banyak manfaat, baik untuk diri sendiri ataupun orang lain yang membacanya. Dengan kita menulis benar-benar akan menjadikan kita berharga dan di kenang, Jika kita menulis kita menyampaikan harapan, tujuan dan juga mimpi kita kepada anak cucu kita. Andai kita tidak pernah menulis di sepanjang umur kita, lalu kita meninggalkan dunia ini tanpa mewariskan jejak melalui sebuah tulisan maka anak cucu kita tidak akan pernah mengenali kita.

Yah, menulis memang memiliki manfaat yang tidak bisa kita dapatkan di manapun. Karena sebuah tulisan adalah gambaran atau cerminan dari sang penulis itu sendiri.



 (Batam, 07 Agustus 2020.)




Tentang Penulis:
Nama saya Hertanti dengan panggilan Tanti, saya lahir di sebuah desa di Provinsi Bengkulu yang bernama Dusun Selali tepat pada hari Jum'at 16 Agustus 1996. Saya memiliki hobi yang menulis sejak saat saya kecil, namun saya tidak pernah terpikir bahwa saya akan benar-benar serius mendalami dunia kepenulisan ini.







Share:

23 comments :

  1. Keren kak ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Terima kasih Kakk๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

      Delete
  3. Sukses selalu Kak, semangat berkarya..

    ReplyDelete
  4. Hai kak, semoga kita selalu semangat untuk terus berkarya๐Ÿ’ช๐Ÿ”ฅ
    Jangan lupa mampir ke tulisanku yaa๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  5. Ma shaa Allah, Kak๐Ÿ˜ semangat terus ya nulisnya❤

    ReplyDelete
  6. Semangat nulisnya kaka cantik. Terus menginspirasi orang-orang๐Ÿ™Œjangan lupa kunjungi tulosanku, bilik aksara

    ReplyDelete
  7. Semangat nulisnya kaka cantik. Terus menginspirasi orang-orang๐Ÿ™Œjangan lupa kunjungi tulosanku, bilik aksara

    ReplyDelete

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis