Mengungkap Secarik Aksara

Picture by pinterest


Karya : Luthfia Rizqi Istifarin 
 

1) Pelipur Lara
Menulis seutas rasa dapat mengatasi nestapa bergelora yang menyusup dalam jiwa. Meskipun kepiluan tidak terungkapkan oleh lisan, masih bercengkerama dengan laksana tulisan. Bermeditasi, introspeksi maupun refleksi hati kemudian menorehkan isi kalbu dalam coretan tinta, menjadikan sebagai pelipur lara. Mengulas arti reswara di balik aksara.

2) Relasi Teman
Jika seseorang menulis akan mengulas tentang perasaan. Kemungkinan besar, Anda akan dikenal melalui tulisan yang telah ditulis. Disisi baiknya , jika terdayuh dan sumarah. Ada insan yang membuat ukiran senyuman di bibir Anda. Artinya menulis dapat menghadirkan relasi pertemanan. 

3) Bisa Menambah pengetahuan
Sedari membaca sepatah kata yang menarik dari penulis lain. Pasti ada hal-hal yang belum diketahui maupun dipahami, nah bisa ditanyakan kepada penulis tersebut. Dengan hal itu, dapat menambah kosa kata untuk menulis tulisan.

4) Menjadikan Sumber Penghasilan
Adakalanya menulis dapat menghasilkan uang, entah itu karena kualitas tulisan atau bahkan sebuah keberuntungan. Menulis dapat menjadi sumber penghasilan. 

5) Berbagi Kebaikan
Dengan menulis yang berkaitan dengan kebaikan. Kemungkinan besar akan bermanfaat kepada pembacanya. Hal demikian bisa disebut dengan amal Jariyah yang mempunyai arti amal yang tidak akan terputus-putus dan tetap mengalir. 

6) Mewujudkan Realita
Menulis dapat mewujudkan realita. Kenapa demikian? Karena setiap apa yang ditulis terkadang terungkapkan oleh lisan. Setiap ucapan yang keluar dari bibir dapat menjadikan sebuah kenyataan.

7) Melatih Daya Pikir
Jika menulis sering kali ide muncul bahkan, tidak hanya satu tetapi lebih. Dari situlah penulis menggunakan nalarnya untuk memadukan setiap sepatah kata yang ditulis. Karena apabila salah tulis imajinasi dapat menghancurkan sebuah tulisan.

8) Melatih Kreativitas
Dengan menulis kita dapat melatih kreativitas. Misalkan membuat alur yang jarang sekali dapat ditebak atau yang disebut dengan plot twist. Seperti itu kan membutuhkan kreativitas. Supaya tidak tercetak plot hole yaitu alur yang tidak sesuai dengan apa yang kita tulis. 

9) Ladang Curhat
Siapa bilang menulis tidak dapat mengisi curahan hati? Setiap penulis itu kan ada masalah pribadi. Bahkan adakalanya penulis cerita fiksi menampilkan kehidupan sehari-hari. Bukan hanya sekadar imajinasi akan tetapi sebuah realita. Penulis terbiasa memberikan curahan hati kepada aksara hingga menjadi sebuah buku.

10) Hobi
Ada beberapa penulis yang menulis karena kegemaran atau yang sering disebut hobi. Membuat dirinya tidak sering untuk merasa bosan. Karena sudah terbiasa. Menulis tanpa ada rasa yang selalu dituntut, hanya sebagai meluangkan waktu dan sekadar menulis saja sebab suka-suka penulis.
 
11) Termotivasi
Termotivasi dapat menjadi salah satu alasan dari menulis. Karena, menaruh harapan dan angan hingga berkeinginan untuk menulis tulisan.

12) Mengenang Seseorang
Jika menulis karena mengabadikan seseorang yang sangat disayangi. Misalkan yang terikat asmaraloka, kan itu bisa diabadikan dengan tulisan. Nama tokoh, alur, atau hal-hal lain pasti bersangkutan dengan dirinya. Dengan demikian, tulisan itu bisa terabadikan.

13) Mengukir Sejarah
Dengan menulis kita dapat mencetak sejarah kita masing-masing. Misalnya kita berhasil menjadi penulis lima buku solo, nah itu kan dapat menjadi sejarah bagi kita. Nah jika kita terkenal oleh tulisan yang pernah kita tulis, karyanya bakal menjadi sejarah dalam kehidupan penulis.

14) Mempunyai Karya
Ada beberapa yang menulis karena ingin menciptakan karya. Karena suatu hal yang ingin mereka harapkan, misal dengan punya karya dapat relasi teman, ladang curhat, bisa terkenal atau bahkan lebih.

15) Terkenal
Dengan menulis, kita dapat menjadi seseorang yang terkenal. Karena berkat usaha, berdoa dan lain-lain. Kita bisa terkenal karena karya yang penuh dengan rasa dan estetika tidak lupa tertanam kebaikan didalamnya.

16) Melestarikan Dunia Literasi
Ada yang menulis karena ingin melestarikan dunia literasi, agar tidak punah. Semakin lama semakin ada kemajuan, karena dengan literasi itu sendiri kita bisa mencetak penulis-penulis handal di negeri tercinta ini.

17) Melatih Kedisiplinan 
Seseorang menulis itu bisa disebabkan untuk melatih kedisiplinan dengan menetapkan deadline atau batas akhir. Misalnya kita ikuti challenge menulis selama 10 hari, nah bagaimana cara yang harus kita butuh kan untuk menulis. Dengan itu tercipta sebuah tanggung jawab serta komitmen.

18) Memperkenalkan Daerah
Menulis dapat memperkenalkan daerah. Lewat penjabaran keindahan seluk-beluk suatu daerah dengan apik, para pembaca dapat tertarik dan ingin melihat sendiri bagaimana indahnya daerah tersebut. 

Ngawi, 7 Agustus 2020 



Biodata Narasi 

Luthfia Rizqi Istifarin, lahir di Ngawi, pada tanggal 22 November 2005. Sejak kecil aktif dalam beberapa kegiatan kepenulisan sastra. "Sajak Aksara" adalah buku terbit pertamanya, "Penggelar Rasa dan Estetika" ialah buku terbit keduanya, "Merajut Coretan Tinta" yaitu buku terbit ketiganya, "Novelet dan Quotes Ambivalen" buku solo keempat dan "Quotes Asmaraloka" buku solo kelimanya.



Share:

132 comments :

  1. Replies
    1. Makasih kak, kakak juga harus semangat 🌹

      Delete
  2. Fiaaa... Masih belia tapi begitu menginspirasi. Sukses deeek :)

    ReplyDelete
  3. Semangat terus nggeh mbak Luthfi.. selalu jadi kebanggaan orangtua dan qita semua Aamiin

    ReplyDelete
  4. Sangat menginspirasi
    SEMANGAT TERUSSS KAK

    ReplyDelete
  5. Masyallah, semangat ya, sukses selalu😊

    ReplyDelete
  6. Bagus Kak, terus semangat berkarya😊
    Mampir juga yu ke tulisan saya☺

    ReplyDelete
  7. Semangat terus ya fia,sukses lah 🥰

    ReplyDelete
  8. Wahh bener sihh, alasanku nulis ada yang dimention di sini. Pokoknya nulis itu bukan tentang ada dan tidaknya waktu luang, tapi tentang menyempatkan diri di tengah kesibukan.. Semoga makin semangat nulis 😊

    ReplyDelete
  9. BAGUS TULISANNYA, SEMANGAT YA, PASTI BISA !! ^^

    ReplyDelete
  10. Mantab. Lanjutkan penuh semangat

    ReplyDelete
  11. Berbagi kebaikan melalui tulisan ✨ Semangat bermanfaat kak :)

    ReplyDelete
  12. Semangat kak lanjutkan bakatmu, semoga yang membaca sehat selalu☺☺

    ReplyDelete
  13. Sukses selalu dan teruslah berkarya

    ReplyDelete
  14. Waww😍 bagus banget. Semangat terus yaa kak🥰

    ReplyDelete
  15. Semangat terus Jan lupa bersyukur pada hasil yang sudah dicapai
    Intinya usaha,berdoa,dan bertawakal

    ReplyDelete
  16. Wahh keren bangett🤩
    Semangat teruss yakk

    ReplyDelete
  17. Be yourself and never surrender semangat kak😁

    ReplyDelete
  18. Masih belia tapi tata bahasanya sudah bagus, semoga dapat menginspirasi anak-anak lainnya agar dapat berprestasi. Semangat dan sukses y,,,,,

    ReplyDelete
  19. Tetap semangat dan dan trus" Berusaha dan jangan lupa brdoa dan bersyukur. Dan trs berkarya👍

    ReplyDelete
  20. Luar Biasa. Semakin semangat! Semoga membuat orang lain ikut semangat.

    ReplyDelete
  21. MaSya Allah
    semoga karya kakak bermanfaat untuk semua orang yang membaca dan juga berkah , sukses kedepannya kak

    semangat 💪

    ReplyDelete
  22. MaSya Allah
    semoga karya kakak bermanfaat untuk semua orang yang membaca dan juga berkah , sukses kedepannya kak

    semangat 💪

    ReplyDelete
  23. Luar biasa.... lanjutkan, semoga menjadi sumber inspirasi..

    ReplyDelete
  24. Semangat mbk Luthfi,Biar jadi teladan teman-temanmu

    ReplyDelete
  25. Karya yang bagus...semoga bermanfaat dan terus berkarya.

    ReplyDelete
  26. Kembangkan kemampuan yang anda miliki , tularkan kepada orang lain , ungkapkan segala ide ide yang ada dalam pikran anda

    ReplyDelete
  27. Hmm semangat ya bagus kok aku iri karena aku sangat lemah dalam menulis dan malas

    ReplyDelete
  28. Bagus banget, jadi terinspirasi dehh

    ReplyDelete
  29. Masya Allah, karyanya bagus banget dan menginspirasi. Juga ngingetin aku yang masih belum konsisten dalam menulis. Terus berkarya kak, semoga sukses selalu dan bermanfaat bagi sesama:)

    ReplyDelete
  30. Keren. Rasanya merasuk di hati :)

    ReplyDelete
  31. Hai kak, semoga kita selalu semangat untuk terus berkarya💪🔥
    Jangan lupa mampir ke tulisanku yaa😍

    ReplyDelete
  32. Semangat terus ya dek🌹
    Semoga sukses kedepannya...Aamiin

    ReplyDelete
  33. Semangat mbk Lutfia semoga sukses n terus berkarya

    ReplyDelete
  34. Semangat terus ya!!! Selalu kami dukung 😊

    ReplyDelete
  35. Sukses selalu ya mbak... Semoga selalu menginspirasi...

    ReplyDelete
  36. Mantabb, Mbaa. Terus menginspirasi

    ReplyDelete
  37. Semangat ya mbk,semoga karyanya disukai banyak orang
    Amin

    ReplyDelete
  38. Masya allah yang semangat ya pasti bisa!!

    ReplyDelete
  39. Masya allah yang semangat ya pasti bisa

    ReplyDelete
  40. Semangat terus membuat karya kak🤗

    ReplyDelete
  41. Woww kecil2 cabe rawit ya. semangat Dek. Terus berkarya untuk mengharumkan INDONESIA💖. Semua poin2 yg diatas bener banget si. Apalagi sebagai ladang curhat. Aku banget. Aku mau donk request tips2 biar naskah kita mudah diterima sama penerbit. Terima kasih. Semoga beruntung😊😊

    ReplyDelete
  42. Woww kecil2 cabe rawit ya. semangat Dek. Terus berkarya untuk mengharumkan INDONESIA💖. Semua poin2 yg diatas bener banget si. Apalagi sebagai ladang curhat. Aku banget. Aku mau donk request tips2 biar naskah kita mudah diterima sama penerbit. Terima kasih. Semoga beruntung😊😊

    ReplyDelete
  43. kak saya eka Wulan Ramadhani,yang saya buat ngirim ini pake email nya om saya.
    tetap semangat dan terus berjuang ya kak untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia

    ReplyDelete
  44. Semangat!jangan patah jika kalah dalam challenge ini :) Yang penting sudah berjuang menggapai secercah angan dan harapan. Tulisanmu sudah bagus dan sangat bermanfaat kepada pembaca. Kamu masih kecil sudah produktif dalam berkarya. Calon generasi hebat nih!

    ReplyDelete
  45. Satu kata untuk kakak! "Semangat"

    ReplyDelete
  46. Sudah cukup baik kak, lanjutkan kak👍

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis