ALASAN AKU MENULIS OLEH YURIENI MIRADONA

OLEH : YURIENI MIRADONA

 

Setiap individu pasti punya alasan melakukan sesuatu, bisa jadi alasan itu adalah untuk mencapai suatu tujuan, atau mewujudkan sebuah keinginan, begitu juga dengan diriku yang memiliki alasan untuk MENULIS, antara lain :

 

INGIN MENYAMPAIKAN INFORMASI

Dengan menulis bisa menyampaikan informasi, pengetahuan, pendapat atau opini yang  dimiliki kepada orang lain. Ada kalanya tidak semua hal bisa diungkapkan secara langsung. Hal ini mungkin disebabkan karena :

  • Belum memiliki keberanian untuk berbicara di hadapan khalayak ramai
  • Tidak memiliki kesempatan atau sarana yang membuat apa yang ingin disampaikan  bisa didengar orang lain
  • Belum memiliki seni berbicara yang baik dalam menyampaikan informasi dan lain sebagainya.

Berkenaan dengan hal tersebut maka, menulis merupakan salah satu cara yang efektif untuk menyampaikan apa yang ada di dalam pikiran, tanpa harus merasa malu, gugup atau cemas seperti saat harus berbicara dihadapan orang banyak.



KARENA PEKERJAAN

Sebagai seorang ASN yang memiliki Jabatan Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah (AKPD), maka menulis merupakan suatu keharusan. Dalam bekerja AKPD melakukan analisis di bidang keuangan, terutama yang berkaitan dengan aspek peraturan perundang-undangan, sumber daya manusia, sistem dan prosedur, sarana dan prasarana, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

 

Dengan kata lain, seorang AKPD wajib hukumnya memiliki kemauan, kemampuan dan alasan untuk menulis. Karena tugas pokoknya adalah melakukan identifikasi, inventarisasi, dan pemutakhiran, pengolahan dan analisis data, melakukan kajian teknis, menyusun rekomendasi kebijakan, melakukan persuasi kebijakan, melakukan analisis dan penyajian informasi, menyusun makalah, melakukan pemantauan dan evaluasi.

Hasil pekerjaannya tertuang dalam bentuk "Tulisan"

 

UNTUK MENYELESAIKAN PENDIDIKAN

Agar bisa menamatkan pendidikan, baik itu D3, D4, S1, S2 dan S3 para mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan tugas akhir antara lain :

  • Untuk menamatkan pendidikan pada level D3 dan D4, mahasiswa diharuskan menyelesaikan Karya Ilmiah.
  • Untuk menamatkan pendidikan pada level S1, mahasiswa diharuskan menyelesaikan Skripsi
  • Mahasiswa S2, diwajibkan untuk membuat Tesis agar bisa menyelesaikan pendidikannya.
  • Sedangkan mahasiswa S3 diwajibkan membuat sebuah Disertasi agar bisa menamatkan pendidikannya.

Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, dan Disertasi merupakan salah satu bentuk dari Karya Tulis. Jadi keinginan untuk menamatkan pendidikan merupakan salah satu alasan kenapa aku menulis

 

UNTUK MENGEKSPRESIKAN PERASAAN

Saat merasa senang, bahagia, jatuh cinta, sedih, patah hati, kesal, marah atau saat ada masalah yang dihadapi, manusia biasanya selalu ingin bercerita atau curhat kepada orang lain. Curhat biasa dilakukan kepada orang tua, suami, istri, saudara, sahabat atau anak. Namun ada kalanya yang memberi rasa nyaman dan percaya untuk menceritakan apa yang dirasakan, tidak berada disisi kita. Atau kita ingin menyembunyikan atau merahasiakan masalah yang dihadapi dari orang-orang yang disayangi. Bahkan bisa jadi kita belum siap berbagi cerita kepada orang-orang sekitar Maka dengan menulis kita bisa mengekspresikan semua hal yang dirasakan, tanpa rasa khawatir atau was-was akan diketahui oleh siapapun yang tidak kita inginkan.




UNTUK MEMBUNUH RASA SEPI

Menghadapi zaman digital sekarang ini, banyak orang yang merasa kesepian di tengah keramaian. Hal ini disebabkan karena anak-anak lengah dengan dunianya yang dipenuhi dengan gadget dan game yang mengasikkan. Pasangan Pun sibuk dengan pekerjaan dan ponsel pintar yang memiliki konten yang menarik perhatiannya. Para sahabat yang biasa diajak kongkow sedang fokus dengan kehidupannya, sedangkan sosial media sudah membosankan karena lebih banyak memuat berita hoax dan politik yang tidak mengasyikkan.

 

Saat sepi menghinggapi perasaan, karena tak ada lagi yang bisa diajak bermain bersama, bercanda dan bercengkrama maka, MENULIS merupakan salah satu cara untuk menghilangkannya. Dengan menulis, hari-hari yang dilalui akan lebih berwarna, karena dipenuhi ide-ide yang selalu bermunculan di dalam pikiran. Dengan menulis rasa sepi tidak ada lagi karena telah memberi kesibukan baru. Dengan menulis, maka hidup yang dilalui akan lebih berharga, karena bisa menghasilkan KARYA

 

UNTUK MOTIVASI DIRI

Adakalanya saat gagal mencapai hal yang diinginkan dan merasa semua yang dilakukan tidak memberikan hasil yang memuaskan atau segalanya berjalan tidak sesuai dengan yang direncanakan, rasa tidak percaya diri biasanya sering hadir menemani keterpurukan. Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Kita harus segera bangkit dan kembali melangkah tegar.

 

Dalam keterpurukan tersebut, aku biasanya melakukan introspeksi terhadap diri sendiri. Kemudian menuliskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memperbaiki keadaan. Tak lupa menyelipkan kata-kata motivasi agar segera bangkit dan kembali tegar menghadapi kenyataan. Jadi memotivasi diri sendiri merupakan salah satu alasan aku menulis. 'LIFE MUST GO ON' merupakan kata-kata pamungkas yang selalu kutulis dalam pikiranku.

 

SEBAGAI PENGINGAT

Saat memiliki keinginan, target, harapan dan impian yang belum tercapai, biasanya aku menuliskan semuanya. Tulisan itu selalu menjadi pengingat dikala lengah, bosan dan malas menghinggapi pikiran. Dengan menuliskan semua, dan membacanya kembali berulang-ulang akan menimbulkan sugesti di dalam pikiran. Sehingga semua impian, harapan dan target yang ingin dicapai dalam hidup ini selalu terpatri. Hal ini membuat semangat dan motivasi di dalam diri akan selalu tumbuh.

Jadi pengingat diri merupakan salah satu alasan yang membuat aku menulis




KARENA HOBBY

Selama ini hobiku membaca. Semua genre tulisan menjadi makanan sehari-hari, baik fiksi maupun non fiksi. Sekarang hobby baruku menulis. Aku mulai belajar menulis melalui pelatihan menulis secara online dan mengikuti challenge seperti Tantangan 10 hari menulis. Sudah satu bulan lebih rutin menulis setiap hari. Tulisan yang dalam proses penerbitan adalah Buku Antologi tentang Parenting yang berjudul Mom, Dad, Look At Me Please, merupakan karya bersama 22 teman di Komunitas Menulis Online Batch 24. Sedangkan 'Successful Time Management' hasil Sarapan Kata selama 30 hari sedang tayang di KBM App. Jika berminat, yuk kepoin Akun KBMku yuu-rie77.

 

MENEBAR KEBAIKAN

Ada pepatah yang mengatakan 'siapa yang menebar benih maka dia akan menuai hasil' Kata-kata tersebut selalu terpatri dalam pikiranku. Menulis merupakan salah satu cara untuk menebar benih kebaikan agar bisa menuai pahala. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan menulis antara lain :

  • Bsa menyebarkan ilmu yang bermanfaat kepada banyak orang.
  • Bisa menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat
  • Bisa mengedukasi pembaca agar bisa hidup lebih baik.
  • Bisa menghasilkan karya yang berguna bagi hajat hidup orang banyak.

Jadi salah satu alasan aku menulis adalah untuk menebar kebaikan.

 

MENAMBAH TEMAN

Menulis membuatku seperti masuk ke dunia baru, karena bisa memiliki komunitas yang sama dengan para penulis serta teman-teman baru yang hoby menulis dan memiliki ketertarikan pada dunia literasi. Dengan menulis, sekarang aku memiliki banyak teman-teman baru dari seluruh pelosok negeri yang bahkan dalam mimpipun belum pernah dikunjungi.

 

Hal ini membuat pertemananku semakin luas, tidak hanya terbatas di dunia nyata. dan dunia kerja. Dengan teman-teman baru yang juga suka menulis, kita bisa berkolaborasi menghasilkan karya bersama walau pertemanan tersebut hanya di dunia maya. Dengan menulis membuat teman maya serasa keluarga, bisa bercanda dan tertawa bersama.

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan kenapa aku menulis yaitu bisa menambah teman.

       

        BIONARASI

Yurieni Miradona adalah Ibu dari tiga anak, boleh disapa 'Yurie'. Dunia Literasi merupakan hal yang baru ditekuni oleh Penulis yang saat ini mengabdi sebagai ASN di Pemerintah Kota Bukittinggi. Pendidikan terakhir Pasca Sarjana Biologi di Universitas Andalas Padang. Bisa dihubungi melalui Email. yurienimiradona@gmail.com, Facebook Yurieni Miradona, Instagram @yuu_rie77 danTwitter @yurienimiradona.

 

Share:

30 comments :

  1. Banyak motivasi,keren๐Ÿ˜
    Semangat,kak.

    ReplyDelete
  2. Hai kak, semoga kita selalu semangat untuk terus berkarya๐Ÿ’ช๐Ÿ”ฅ
    Jangan lupa mampir ke tulisanku yaa๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  3. Semangaaatt kak...tulisannya memotivasi untuk terus menulis ๐Ÿ’ช

    ReplyDelete
  4. suatu pernyataan dan ungkapan yang benar dimana perlu setiap insan tidak hanya dipendam dalam hati namun bisa diungkapkan dengan melalui tulisan. ANALIS KEUANGAN PUSAT DAERAH memang yg diperlukan menyampaikan rekomendasi dan usulan perbaikan.
    Lanjutkan dan buat dunia termotivasi menulis. Tuhan memberkati kita semua amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Pak Arie Gemini..
      Atas bimbingan dan supportnya

      Delete
  5. WoW, mangstabz, Kakaa...
    Salah satu AKPD yang karya-karyanya mengudara seantero jagad.
    Bravo!

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah....baguss sekali Bund, sederhana, membumi dan inspiratif. ditunggu tulisan selanjutnya...

    ReplyDelete
  7. Sangat mudah diterima
    .... Bangga menjadi bagian dari AKPD๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  8. Sangat menginspirasi dan menambah semangat buat AKPD di seluruh Indonesia..mantap uni

    ReplyDelete
  9. Pengungkapan yang jernih & lancar...

    ReplyDelete
  10. Pengungkapan yang jernih dan lancar...

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Aamiin, semoga
      Makasih kakak ๐Ÿ’–๐Ÿ’–

      Delete
  12. Semoga masuk 10 besar yaaa, salam AKPD mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih kakak๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

      Delete

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis