Alasan Aku Menulis Oleh Niluh Putu Irianti

Oleh : Niluh Putu Irianti


Alasan menulisku yang pertama yaitu untuk mencurahkan isi pikiran. Kenapa ? Soalnya banyak orang yang tidak paham dengan apa yang saya pikirkan. Mungkin karena saya yang memang rumit atau mereka yang tidak mau ikut menyelam lebih dalam ke pikiran saya. Soalnya saya juga kadang tidak mau ribet menjelaskan jadi saya lebih suka mencurahkan langsung ke tulisan dalam bentuk apapun, walau kadang tidak terbaca. Yang pasti lewat menulis saya merasa lebih nyaman. Nikmatlah pokoknya.

Alasan menulisku yang kedua yaitu untuk mengenal diri sendiri. Kenapa ? Karena dengan menulis itu bisa membuat saya sedikit flashback ke masa lalu. Teringat kalau dulu saya begitu, sekarang saya begini. Memang benar menilai diri sendiri itu susah, rumit. Tidak semudah menilai orang lain. Menulis itu bisa membantu lebih mendalami diri tentang makna keberadaan saya sebenarnya, tentang apa sesungguhnya saya. Who am I ?

Alasan menulisku yang ketiga yaitu untuk mengingat diri sendiri. Kenapa ? Ya siapa tau kan suatu saat tiba-tiba saya amnesia atau mungkin jadi bintang besar (asek) atau hal sejenis itu yang bisa bikin kacang lupa sama kulitnya. Nah, di saat-saat itulah tulisan saya sangat berperan kalau ada yang nemuin diary atau sejenisnya terus ditunjukin ke saya, siapa tau saat saya di jalan gelap bisa dapat pencerahan kemudian kembali ke jalan yang benar (ceritanya tobat) kemudian menjadi diri saya lagi. Alasan ini agar aneh emang ya.

Alasan menulisku yang keempat yaitu untuk membuat dunia baru. Kenapa ? Karena saya ingin karakter-karakter yang ada di imajinasi saya be come true. Dengan dunia, kehidupan, hari-hari yang mereka jalani sesuai dengan skenario yang saya buat. Dengan dunia kecil itu saya bebas menentukan takdir mereka. Jadi maha bisa di beberapa cerita itu menarik. Mungkin kalian bisa coba juga, menulis untuk menghidupkan dunia pribadi dimana kehendakmu lebih tinggi dari semuanya. Tapi kalua mau lanjut ke penerbit ya beda lagi urusannya.

Alasan menulisku yang kelima yaitu untuk menghidupkan karakter. Kenapa ? Karena dengan menulis kita bisa membuat berbagai macam karakter dari yang wajar sampai yang paling aneh. Itulah kenapa menulis menarik untuk saya. Karena di sana tidak ada pembatasan terhadap imajinasi yang liar. Walaupun terkadang terlalu liar. Setelah membuat karakter, sekarang saya malah berharap untuk bisa menggambar. Untuk menyatakan karakter yang sudah saya bangun kayaknya seru. Karakter hidup di dunia saya, terdengar keren kan ?

Alasan menulisku yang keenam yaitu untuk menjadi diary. Kenapa ? Biar bisa mengenang masa lalu lah, apa lagi coba ? soalnya kita terus bergerak kedepan. Tapi buat saya masa lalau itu penting. Nah, masa-masa itu bisa saya tuangkan jadi tulisan. Entah cerpen, puisi, pantun atau apapun. Lumayanlah buat nambah koleksi untuk diri sendiri.

Alasan menulisku yang ketujuh yaitu untuk mengusir kebosanan. Kenapa ? Walaupun menulis belum termasuk hal yang menjadi kewajiban tapi dia bisa membantu disaat senggang. Waktu yang terbuang pelariannya kalua ga nulis ya menggambar. Dua hal  yang jadi obat kebosanan entah itu bisa dibilang hobi atau tidak.

Alasan menulisku yang kedelapan yaitu untu merefresh diri sendiri. Kenapa ? Terkadang tidak kuat menghadapai dunia yang penuh dengan kepalsuan (auto drama) tapi bener sih, kadang capek dengan dunia. Jadi ya menulis jadi pelarian karena alasannya ada di tulisan sebelumnya. Relate lah.

Alasan menulisku yang kesembilan yaitu untuk mengenal dunia. Kenapa ? Nulis itu harus banyak membaca, banyak tau. Berguna banget sih biar bisa menggambarkan suasana dengan tepat. Menjelaskan sesuatu dengan lancer. Dengan tau banyak info secara tidak langsung kita jadi lebih mengenal dunia. Baik yang dekat maupun yang jauh. Rasanya jadi punya keluarga super besar.

Alasan menulisku yang kesepuluh adalah untuk mencari alas an lainnya. Kenapa ? Kata orang lain ada 1001 alasan untuk melakukan sesuatu. Tapi saya belum menemukan 991 alasan lainnya soalnya disini kan baru nemu 10 alasan aja. Itu pun masih harus berpikir. Ya semoga semakin lama bisa semakin nempel dengan dunia tulis menulis ini. Setelah menyelesaikan beberapa urusan mungkin bisa focus lagi untuk mendalami dunia kepenulisan.

 

Tentang Penulis :

Nama saya Niluh Putu Irianti. Anak pertama dari 2 bersaudara yang lahir di Sorong, 20 Agustus 1998. Sekarang sedang berusaha meluluskan diri dari salah satu universitas negeri di Bali. Kenal lebih dekat melalui Instagram saya di @putupai_


Share:

1 comment :

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis