Alasan Aku Menulis "Mengabadikan"


Oleh: Prahandini M Mardjuni

"I can write because I diligently read books"
       
Sebenarnya pribadi sulit mengespresikan diri untuk melakukan sesuatu yaituu dengan "The word of writing". Karena pada dasarnya lebih suka berhati-hati dan lebih suka menelah-nelah. Acuan kita untuk tahap "Writing" saat ini adalah memperbanyak referensi. Kita sebagai pemula bukan hanya sekedar "Writing teks" tanpa ada referensi yang jelas. Contohnya Sering baca artikel,  novel, cerpen, dan puisi. Karena ini adalah salah satu yang bisa menambah untuk menjadikanya suatu acuan dengan memperbanyak membaca.

Nah kita bisa menyatu dengan dunia yang bisa kita tuangkan dalam tulisan sebenarnya. Karena Hati berbicara otak memecahkan.  Tapi takut salah menuangknya saja. Aku pemula , Membaca adalah jendela dunia. Untuk mendorong agar kita terbiasa menulis adanya dari beberapa pihak seperti teman atau pengaru factor external dari seseorang. Dan Motivasi adalah sebuah dorongan dari seseorang hasrat atau minat yang begitu besar ada didalam diri. Ada dua jenis faktor internal & external:
Internal : adalah motivasi yang tumbuh dari diri seseorang tanpa ad apksaan. 
External: Adalah motivasi yang yang berasal dari luar individu. Dalam artian termtivasi dari diri seseorang atau dari orsng lain.

Aku termasuk "External" loh pengaruh positif dari orang lain. Maka dari itu jika ada hal-hal atau seseuatu yang ingin kamu lakukan berilah dampak yang baik pada dirimu dan untuk orang-orang diluar sana. Hindari kata mengeluh! Intinya sabar. Pasti orang bertanya"  atau berasumsi sendri kenapa dia sampai bisa nulis,  kenapa bisa sampai mengarang puisi sampai terbitakn buku dan seterusnya. Apakah ada seseorang yang membangun jiwa nya untuk bangkit seprti ini? Aku jawab yah. Nah kenapa aku sampai bisa nulis dan bisa menerbitkan buku karena ada orang hebat menginspirasi diriku tanpa paksaan dari seseorang. Inspirasi tidaklah sama dengan motivasi. Saya percaya bahwa Inspirasi akan membawa sesuatu yang lebih besar dan kuat daripada motivasi. Inspirasi akan membangkitkan passion dan semangat membara yang akan membawakan hidup yang lebih sukses dan bahagia.Inspirasi semacam hidayah tidak di cari tapi tiba-tiba datang sendiri..

Kenapa aku mau menulis?  Kenapa? Karena mungkin ingin menciptakan atau melakukan sesuatu yang pada umum nya orang bisa lakukan. Contohnya Seprti mengarang dan lain-lain. Dan kenapa mau menulis yang karena keiiginan atau kemauan dan mungkin pengaruh external. Karrna memang pada dasarnya kita tidak perlu memaksakan sesuatu yang tidak bisa kita lakukan. Karena membuat kita semakin sulit mengespresikan sesuatu diluar nalar kita. Lakukan hal-hal yang membuat kita semakin mau atau terus melakukan hal-hal yang kita anggap gampang. Yah misalnya membuat jadwal kapan kota akang melakukan hal-hal agar tidak bersifat bosan pada diri sendiri. Jadi apa yang kita ;lakukan akan terasa mudah . Kenapa ? Karena menulis bisa mengubah pola pikir  Dari yang tidak bisa menulis hal-hal yang tidak bisa kita tuangi.
  
Menulis juga megeluarkan isi kepala karena mungkin ada kecenderungan dari seseorang jadi segala apa yang kita tulis sebuah rasa yang kita rasakan akan tertuang dan Menyampaikan lewat tulisan.  Saking rindunya karena tidak bisa menyampaikan secara langsung kita juga sebagai perempuan gengsi atau malu mengungkapkannya. Karena pada dasarnya suda fitrahnya manusia seperti itu.  Tapi kan kita sebagai perempuan yah menjaga kehormatan, menjaga image.
  
Dan perempuan itu saking hebatnya menyembunyikan perasaanya lewat diam atau doa.  Karena semua tidak harus di ungkapkan, bukan? Ia.
 
Dan Pentingnya Berimajinasi dalam menulis Setiap manusia pastilah mengenal dan pernah mengalami atau melakukan kegiatan berkhayal, berfantasi atau berimajinasi. Ketiga kata tersebut sekilas mempunyai arti yang sama, namun sebenarnya ketiganya berbeda makna. Sedangkan imajinasi  berasal dari kata dasar image atau gambar, sehingga kata imajinasi bisa diartikan sebagai daya pikir untuk membayangkan atau menciptakan 'gambar' yang mencakup kondisi, karangan, lukisan, atau lainnya, dari sebuah  kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang. Batas imajinasi adalah daya imajinasi itu sendiri, dimana saat seseorang bebas lepas berimajinasi, dalam arti sejauh mana ia mampu "terbang" dengan imajinasinya yang bebas tersebut. Tanpa berimajinasi tulisan kita tidak akan meluas. Sebaliknya, ketika seseorang merasa tak yakin bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu hal untuk mencapai tujuan, maka orang tersebut tidaklah memiliki rasa percaya diri dalam dirinya. Berikut ini manfaat dari Rasa Percaya Diri : Anda berani menjadi individu yang sesuai dengan jati diri Anda. Selalu optimis dalam menjalani semua hal. Akan mudah untuk meraih kesuksesan.

Ciri-ciri orang yang percaya diri: 
1. Berani mengambil sikap dan tidak takut salah. 
2. Lebih banyak mendengar dibanding Bicara.
3 . Bebas meminta bantuan.
4. Berpikir, "Mengapa?"  Tidak bertumpu pada orang lain. 
5.  Tidak takut untuk terlihat bodoh. Memahami kesalahan. 
Beberapa adalah alasan mengapa seseorang harus menulis : 
1. Channeling Creativity Perlu kita tahu semua karya seni adalah hasil dari kreativitas yang telah di ledakkan , 
2, Develop Imagination imajinasi yang tinggi bagi para penulisnya.
3. Extensive Knowledge Sebuah ungkapan yang pernah saya dengar "Penulis yang baik adalah pembaca yang baik" , 
4.  Writing is timeless Tulisan tidak lekang oleh waktu , tulisan bersifat abadi tidak seperti halnya kita memiliki sebuah konsep pemikiran dan hanya kita tanamkan diotak kita.
5. Insipiring People Perlu kita tahu , kata guru saya lebih banyak masyarakat saat ini membutuhkan motivasi dan inspirasi.
 
Penting!
Perasaan tersurat pada bait puisi. Yah lebih baik tersurat dari pada tersirat. Mengisyaratkan tulisan lewat sepenggel kertas. karena menulis adalah mengaduk-ngaduk perasaan yang tidak sempat tersirat.
kenapa ?  Karena lebih menuagkan rasa  melalui tulis lebih indah dari pada mengungkapkanya.  Bukan hanya sekedar menuangkan,  tapi lebih mendominankan rasah dalam bait tulisan. Karena hati yang berbicara. Menulis juga adalah sarana mengeluarkan isi kepala. Bukan?  Karena tak sanggup untuk mengungkapkan lebih baik menungkannya lewat tulisan. Berupa Puisi karyaku Saat ini "Rinai Rindu Dibilik hujan" kutuangkan diksi-diksi dari isi kepalaku tentang Rinduku yang kian lama tak kunjung temu.
Ini alasan aku kenapa lebih suka menulis"Puisi"

"Keep Notes"
Yaitu Catatan ide dengan cepat yang tersimpan di dalam hp seseorang.  Siapa sih yang nggak kenal? Pasti kenal kan yah. Nah ini adalah salau satu catatan kecil. saya pakai untuk menulis sesuatu tapi tidak sempat menemukan buku sama balpoin catatan inilah yang saya pakai buat nulis walaupun sebatas catatan.
Jujur saya membuat puisi disini. Kerena dalam kamar apa lagi di tempat tidur itu, suda malas untuk melakukan namanya aktifitas. Nah jadi "Catatn keep" saya gunakan untuk tempat menulis sesuatu sambil mendegarkan musik agar feel nya dapat. Catatan keep sebenarya banyak manfaatnya. Barangkali ada kawan-kawan sama Seperti saya.
Semangat Menulis dan teruslah berkarya. 

Banyak orang-orang hebat di luar sana sama seperti kalian tahap demi tahap mereka lalui hingga mereka menghasilkan karya yang sangat luar biasa.

Aku pemula!

Motto: "Ada pelangi disetiap kesabaran dan ada mimpi disetiap pengorbanan"

Paleleh, 27 juli – 5 agustus 2020
Share:

5 comments :

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis