Menulis yang membuatku Bahagia


Oleh : Yuni Rico 

 

 

Kalau dibilang hobi ya nggak terlalu hobi banget, kalau ditanya suka, ya aku suka, menulis itu melatih otak kita untuk berfikir merangkai kata dan menjadikan kalimat menarik yang menghinoptis pembaca. Sejak dibangku sekolah aku suka menulis, tapi aku belum bisa konsisten menulis setiap hari, supaya aku bisa konsisiten aku sering menchalenge diriku untuk mengikuti event-event menulis, seperti saat ini @ruangmenulis sedang merayakan ulang tahun perdananya dan mengadakan  chalenge menulis 10 hari, semoģa aku bisa konsisiten di even ini ya. Mengingat Kata-kata dari Pramoedya Ananta Toer, sungguh sangat menginspirasi saya untuk terus menulis. Yaitu "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah menulis adalah bekerja untuk keabadian". Dengan menulis memaksa pengekploitasi diri. Kenapa ?  karena kita harus berfikir lebih keras dari biasanya agar bisa menuangkan ide-ide yang ada di otak.

Dengan menulis, kita dipaksa untuk bisa mengetahui banyak hal. Seperti, ketika kita akan menulis dengan topik tentang "peradaban dunia", mau tidak mau kita harus mencari dan membaca literatur yang berhubungan dengan peradaban dunia, tujuan saya menulis adalah semata-mata untuk memerangi dan melawan kemalasan serta mengajak diri saya sendiri agar konsisten untuk terus menulis entah apapun itu.

 

**

Kadang kita perlu untuk berbicara dengan diri sendiri, untuk sekedar instropeksi, menyemangati diri sendiri dengan hal-hal positif, dengan mencoret -coret kertas lewat tulisan cerita yang kita alami hari ini,  apa saja bisa dituangkan dalam tulisan kita sebagai bentuk pelampiasan segala beban dihati dan pikiran kita .

Ini adalah terapi diri karena setelahnya kamu akan merasa lega. Kamu seperti mendapatkan energi baru. Semangat baru dan kepercayaan diri untuk memulai perjuangan hidup selanjutnya.

 

***

Pernahkah kalian dihadapkan pada situasi terpana yang lama speechless tidak bisa berkata-kata? Itu terjadi padaku, pertemuan dengan tokoh idola yang selalu menginspirasi dalam setiap tulisanku, dan kisah-kisah adalah tentangnya , aahh..selalu ada yang tertinggal disetiap kisahmu, karena kau masih sama alasan, aku tetap menulis dan masih menjadi tulisanku

yang tak pernah selesai.


Sahabat sejati selalu ada katanya, tapi aku tak memiliki itu, aku punya teman, sahabat, saudara.

Tapi mereka tak pernah ada saat aku butuhkan. Akhirnya aku berfikir kalau mereka  juga adalah manusia seperti kita, memiliki waktu, tanggung jawab dalam kehidupannya  dan urusannya masing-masing. Dan kita tidak bisa memaksanya..

Secarik kertas putih dan tinta hitam yang tidak pernah menolak menemani, dialah sahabat sejatiku, mendamaikan, tak pernah menghakimi selalu menumbuhkan semangat untuk bangkit dan menumbuhkan kepercayaan diri.

 

****

Menulis bukan cuma sekedar hobi ecek-ecek semakin dalam kita masuk kedunia ini kita akan merasakan banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan mental dan spiritual kita.

Gaya hidup masyarakat masa kini yang menyenangi hal-hal serba instant, juga beban berat dalam pekerjaan serta kurangnya olahraga mengakibatkan gangguan pada peredaran darah terutama dibagian organ otak.

Pikun sebenarnya bukan penyakit tetapi kondisi yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak, penyusutan daya ingat, kemampuan berpikir, kesulitan memahami sesuatu, hingga menurunnya kecerdasan mental. Jika terus dibiarkan pikun dapat menjadi penyakit Alzheimer. Aktivitas menulis adalah cara mencegahnya. Semakin sering menulis maka kondisi otak akan semakin bagus dan membuat otak tidak cepat tua.

 

*****

Pernah dengar bahwa ketika kita menulis kita sedang menebar amal ?.

Benar atau tidak ? Bisa benar bisa tidak. Menulis bisa jadi ladang amal saat tulisan kita bisa memberikan manfaat, menginspirasi dan memberikan pengaruh positif pada pembacanya.

Berbeda halnya saat kita menulis yang berisikan provokasi, tidak objektif, mempengaruhi pembaca melakukan hal-hal buruk, menulis hal yang tidak benar, berisi ujaran kebencian dan merugikan orang lain. Tulisan yang baik mencerminkan jalan pikiran penulisnya. Memberikan manfaat dan kontribusi yang baik untuk pembacanya.

 

******

Bayangkan jika benar dengan menulis bisa membuat umur seseorang jadi panjang, pastinya akan banyak orang yang akan berprofesi menjadi penulis. Namun tidak demikian, pada dasarnya manusia ingin terkenal, dihargai dan dikenang sepanjang masa, dengan menebar kebaikan kepada sesama manusia dan alam sekitar. Lalu apa hubungan dengan menulis bisa panjang umur? Apa iya umur kita akan bertambah panjang dari ketetapan allah swt.

Banyak yang membuktikan Contoh tulisan ir. Soekarno melalui proklamasi sampai saat ini masih hidup dihati rakyat indonesia meskipun beliau sudah tidak ada. Tulisan Mahatma Ghandi banyak dikutip oleh penulis-penulis tersohor.

Melalui ide dan kebaikan yang tercatat, pembaca bisa memgambil pelajaran dan manfaat yang ditebarkan sewaktu penulis masih hidup. Selama jasad dikandung badan jangan pernah berhenti menebar kebaikan terhadap sesame.

 

*******

Pernah merasa kecewa patah hati lalu menangis semalaman.

Memaksakan diri pada suatu keadaan yang tak biasa bukanlah hal yang mudah.

Mencoba bahagia setiap hari.

Senyuman yang mengembang setiap pagi

Suara ceria ditelepon, dan seolah semua baik - baik saja.

Kamu nggak perlu tau tentang semua rasa ini, apa yang tampak dimatamu tidaklah sama..

Terima kasih keranjang sampahku.

 

********

Vita menengadah. Ia melihat telaga mata kekasihnya berkaca-kaca. Sungguh, ia melengak menatap telaga bening itu kini mulai bersimbah air mata. Kontan ia menceratuk, menunduk sambil mengetuk-ngetuk meja, lalucongak-cangit. Ia mendesah seolah-olah beban berat baru saja terembus keluar dari hidungnya. Vita menjelangakmendongak lagi, menatap mata kekasihnya lagi, dan merasakan darahnya berdesir.

 

Paragraf  di atas adalah contoh penggunaan kosakata satu makna,  sebenarnya tidak ada larangan menulis dengan satu kosakata namun yang ada pembaca akan jenuh karena disetiap paragraf akan ketemu kosakata yang sama dan pembaca akan bilang " penulis yang miskin kosakata" tapi lebih baik dari pada dibilang miskin harta..hee heee.

Kalau kita memiliki stock kosakata digudang perbendaharaan melimpah akan memudahkan kita saat menulis. Kita bisa menulis apapun, tidak akan mengalami macet ditengah jalan, penggambaran ide dengan kata-kata yang tepat akan sampai kepada pembaca.

Kecerdasan gramatikal, kepekaan rasa yang baik menuangkan gagasan ke dalam tulisan.

Akan mempermudah kita menulis. Tulisan yang kaya kosakata akan membuat kaya pembacanya.

 

*********

Ketika kita berada dalam satu kelompok bersama dengan orang-orang yang memiliki pandangan sama, visi dan misi yang sama, kita akan memiliki energi yang sama besar untuk maju bersama. Seperti halnya menulis, saat kamu menulis dan membagikannya dimedia sosial atau menerbitkannya menjadi buku kamu sedang menebar jaring pertemanan, untuk mendapatkan teman yang sepihak yang sama secara positif dan menimbulkan kenyamanan dalam pertemanan. Pertemanan ini adalah bentuk komunikasi positif untuk menciptakan jejaring pertemanan dan membangun ilmu pengetahuan.

 

 

 

 

Tentang Penulis :

Aku perempuan lahir dijakarta tepatnya pada 08 Mei, Yuni Rico nama pena yang sering aku cantumkan dalam setiap tulisanku,   Aku suka menulis, penulis buku diary tepatnya, mungkin sudah terlambat tapi bolehkan aku bermimpi jika suatu hari dari buku diary bisa terbit sebuah novel. untuk korespondensi bisa hubungi aku di email yunirico249@gmail.com, atu IG : @henningkubumi.

Share:

Post a Comment

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis