MENULIS ADALAH AKU



Oleh: Galih Lestianti

 

Ada begitu banyak hal yang menjadi dasar kenapa saya menulis dan kenapa harus mulai menulis. Menulis bukan hanya sekedar merangkai kata menjadi kalimat, namun menulis lebih dari itu. Menulis dapat menggambarkan hal yang tidak mungkin ditunjukkan dan mengungkap rahasia terdalam dengan kemasan paling rapi agar tak diketahui seorangpun namun tetap dapat meringankan beban perasaan. Jika ditanya kenapa saya menulis maka saya akan menjawabnya dengan satu jawaban sederhana karena menulis adalah saya dan berikut merupakan beberapa alasan lain yang menjadi dasar alasan saya menulis yang mungkin dapat dijadikan sebagai alasan kenapa kalian harus mulai melakukannya juga.

 

Teman

Menulis adalah teman paling sempurna bagi seseorang dengan sifat tertutup dan memiliki krisis kepercayaan terhadap orang lain karena tulisan tidak akan mengkhianati juga menulis adalah teman yang bisa menemani kapanpun dibutuhkan tanpa pernah mengeluh bosan dengan apa yang dituliskan.

 

Saya merupakan orang yang tidak bisa mempercayai siapapun dan bagi saya menulis adalah teman, tempat dimana saya bisa menumpahkan apapun tanpa perlu merasa takut.

 

Krisis kepercayaan dan ketakutan bahwa seseorang yang saya anggap teman akan mengkhianati dikemudian hari membuat saya menjadikan menulis sebagai teman, karena saya membutuhkan teman.

 


Menyalurkan Imajinasi

Berimajinasi adalah kegiatan menyenangkan yang pasti pernah dilakukan siapa saja, dengan berimajinasi seseorang bisa membayangkan kehidupan yang diinginkannya, berada dalam dunia yang penuh imajinasi menimbulkan kebahagiaan tersendiri yang tidak bisa dipahami oleh orang lain, meski terdengar gila namun begitulah adanya.

 

Saya suka berimajinasi tentang apapun yang tidak bisa didapatkan dalam kehidupan nyata dan untuk menyalurkan imajinasi tersebut saya menuliskannya. Menuliskan imajinasi juga membantu melupakan beban yang ingin dilupakan sehingga membuat saya merasa lepas dan bebas, melupakan sejenak kenyataan pahit dan fokus pada imajinasi tersebut.

 


Menambah Wawasan

Menulis mengharuskan seseorang meningkatkan tingkat literasinya guna mendapatkan lebih banyak referensi untuk menyampaikan informasi yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan. Hal ini bertujuan agar informasi yang disampaikan tidak bersifat asal-asalan dan memiliki dasar keakuratan yang dapat dipertanggungjawabkan oleh penulis sehingga dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

 

Menulis membuat saya selalu mencari informasi mengenai satu topik secara berulang lebih dari satu sumber guna menambah wawasan dan mendapatkan informasi yang akurat untuk menghindari opini tidak berdasar.

 


Mengisi Waktu Luang

Mengisi waktu luang dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menulis. Waktu luang dapat digunakan untuk menuangkan ide-ide tulisan baru ataupun melanjutkan ide cerita sebelumnya, menulis di waktu luang juga bisa untuk membunuh waktu agar tidak merasa bosan dan dapat terhindar dari memikirkan hal-hal yang ingin dilupakan.

 

Bagi saya yang tidak terlalu suka menghabiskan waktu di luar rumah, menulis adalah kegiatan paling menyenangkan untuk membuat hari terasa lebih cepat.

 


Menambah Relasi

Menulis dapat mempertemukan dengan orang-orang baru yang bergelut di bidang yang sama, sehingga bisa memperbanyak relasi dan memudahkan dalam bertukar pikiran atau bahkan melakukan kolaborasi menciptakan karya.

 

Saya suka menulis dan ketika mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan kepenulisan, maka secara sadar ataupun tidak akan bertemu dengan orang-orang baru dengan minat yang sama dan rasanya sangat menyenangkan, karena selain menambah relasi juga bisa dijadikan sebagai pacuan agar tetap semangat dan tidak berhenti menulis.



Mengekspresikan Emosi Paling Mudah

Menulis dapat dijadikan sebagai media untuk mengekspresikan perasaan paling mudah saat senang, marah, sedih, kecewa dan lainnya yang tidak mampu ditunjukkan ke orang lain dapat ditumpahkan dengan mudah dalam tulisan untuk membuat perasaan menjadi lebih baik.

 

Saya selalu menuliskan apapun yang saya rasakan di buku diary sejak sekolah dasar, hal ini karena saya merasa tidak ada yang bisa memahami ataupun sekedar mendengarkan bagaimana perasaan saya, ketika menuliskannya saya merasa lebih baik dan nyaman sehingga saya memutuskan untuk terus menulis sebagai sarana mengekspresikan perasaan.

 


Mendapatkan Uang Tambahan

Menulis dapat dijadikan sebagai profesi baik tetap maupun hanya selingan, untuk selingan meskipun uang yang dihasilkan tidak seberapa namun cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup seorang anak rantau yang jauh dari keluarga. Menulis dapat memberikan penghasilan tambahan dan tidak menyita banyak waktu, sehingga mudah dilakukan dan tidak mengganggu aktivitas lainnya.

 

Saya menjadikan menulis untuk mendapatkan uang tambahan akhir bulan atau untuk membayar keperluan kuliah agar tidak terlalu mengandalkan orang tua, meski tidak seberapa dan bukan penulis mahir namun cukup membuat saya merasa senang dengan hasil saya sendiri.

 


Hobi

Menulis sebagai hobi biasanya hanya dilakukan ketika memiliki waktu senggang, bukan sebuah tuntutan dari suatu pekerjaan yang memang harus dilakukan.

 

Menulis bagi saya merupakan hobi yang dapat dijadikan sebagai tempat pelarian ketika sedang merasa tidak baik-baik saja dan tempat membunuh waktu agar cepat berlalu. Menulis adalah salah satu hobi yang paling mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya. Hobi menulis dapat dikembangkan jika memiliki kesungguhan untuk menekuni kegiatan tersebut.

 

Hobi menulis membuka dunia saya pada hal baru, membangun imajinasi bahkan membuat saya merasa bebas.

 


Obat

Menulis adalah obat perasaan yang sedang tidak baik-baik saja. Menulis membantu saya menumpahkan segala perasaan secara bebas untuk meredam semua suara dalam pikiran yang hadir saat saya merasa terpuruk dan gelisah akan sesuatu juga membatu kesadaran saya kembali agar tidak bertindak lebih jauh lagi.

 

Saya selalu menulis "semua akan baik-baik saja" ketika suara tersebut muncul hingga menghilang. Menulis adalah obat paling ampuh untuk mengurangi beban pikiran yang dapat berdampak buruk jika terlalu lama dipendam. Menulis membantu saya mengatakan semuanya, menumpahkan amarah, keluh kesah dan sebagainya agar saya merasa baik-baik saja.

 


Berbagi Pengalaman

Setiap orang pasti memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam menjalani kehidupannya. Menulis merupakan  media yang bisa dijadikan untuk berbagi pengalaman kepada orang lain, entah pengalaman yang menyenangkan sebagai hiburan, perjuangan sebagai inspirasi atau pengalaman buruk sebagai pembelajaran agar pembaca terhindar dari hal serupa.


So.. mulailah menulis sekarang, menulis tidak serumit yang dibayangkan. Kita hanya perlu menumpahkan apa yang kita rasakan dan apa yang kita jalani dengan sebuah pena diatas selembar kertas untuk bisa membuat kita merasa lepas dari cekikan perasaan.


Wonogiri, 7 Agustus 2020


Tentang Penulis

Lahir 13 April 2000 di daerah dengan julukan Kutho Gaplek alias Wonogiri dan bernama asli Galih Lestianti namun sering memakai nama pena Ariestyan. Seorang mahasiswa pecinta hot chocolate dengan hobi membaca yang merupakan penulis amatiran dan bercita-cita menjadi penulis terkenal.

Share:

Post a Comment

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis