MENDOBRAK KERESAHAN



Oleh : Desi Cahyani Irawan

Kalian pernah gak merasa resah? Maksudku keresahan yang terjadi di dalam diri dan membuat detak jantung berdebar tidak normal?!.

Perasaan itu terjadi karena keinginanku yang kuat dan angan - angan tinggi tapi tidak ada pergerakan dalam diriku untuk bisa berkarya. Aku mengubur keresahan ini dan mencoba memberanikan diri menggunakan jari - jemariku untuk merangkai kata demi kata menjadi kalimat dengan harapan tulisan ini mampu mendobrak rasa takut yang ada pada diriku, karena keterbatasan bukan alasan untuk aku tak bisa berkarya.
Sekarang keresahan yang menggetarkan hati ini akan aku sampaikan melalui tulisan yang saat ini sedang kalian baca.

Jadi begini...

Aku mengalami banyak peristiwa dalam kehidupanku. Mulai dari melihat dan mendengar curhatan sesama teman, sampai aku mengalami kisah hidup seperti drama dalam sebuah film. Kalian pasti tahu kan? Pemeran utama biasanya mengalami banyak masalah sampai akhirnya menemukan kebahagiaan. Rasanya tanganku ingin segera menuliskan semua kisah itu. Tapi, aku terlalu disibukkan untuk mencari alasan. Padahal hal - hal sederhana dan membahagiakan nyata di depanku.
Kalian tahu apa yang membahagiakan? Iya benar, menulis..
Menulis adalah perjuangan tanpa batas. Kita bebas berkarya kapan pun dan di mana pun. Menulis memang membahagiakan karena tulisan dan ide nya mengalir begitu saja.

Beberapa hari lalu aku membaca sebuah tulisan, kira - kira seperti ini : 

Kebaikan yang satu akan membawa kita kepada kebaikan lainnya. Kelalaian yang satu akan membawa kita kepada kelalaian lainnya


Sampai disini, apa kita punya pikiran yang sama?
Benar, aku tidak tahu apa yang kalian pikirkan. Tapi, aku berpikir kalau semua orang punya aset yang sama yaitu waktu dan kesehatan.
Hari ini aku belajar. Aku coba memanfaatkan waktu untuk menulis agar tulisan ini bisa bermanfaat dan pengingat dalam kebaikan. Lalu kesehatan yang saat ini aku rasakan harus aku syukuri karena tidak menjamin besok akan sehat dan mampu menulis lagi.

Ayo bergeraklah..

Berhentilah sejenak dari gegap gempita dunia yang menyebabkan ruang jiwa hanya berisi angan - angan. Waktu yang kini tersisa, adalah waktu yang seharusnya kita lalui dengan penuh semangat untuk mewujudkan angan - angan menjadi sebuah kenyataan.
Kita terlalu sibuk untuk mendengarkan dan memikirkan pertanyaan-pertanyaan orang lain sampai lupa mengapresiasi diri sendiri dan mengambil setiap kesempatan yang datang menghampiri. Begitu banyak impian tercipta karena rasa yakin dan percaya. Sekarang sudah saatnya kita menguatkan tekad dan meyakini bahwa kita mampu dan bisa.
Yakin dan percayalah setiap kesempatan baik yang datang meminta kita untuk mencobanya.

Oiya, Aku ingin membagikan kisah yang aku alami...

Waktu terus bergulir mengalir laksana bulir - bulir yang telah terukir.

Kejadian 3 tahun silam menyebabkan aku harus dilarikan ke UGD karena luka menganga dan benturan hebat yang membuatku hampir tak sadarkan diri. Begitu banyak orang baik datang menolongku, dengan cepat memberi aku minum yang terlihat sudah lemas.
Rasanya itu adalah hari terakhir aku hidup di dunia, kalimat syahadat yang terus aku ucapkan dan wajah indah kedua orang tua yang aku ingat. Batin ku menangis mengingat apa saja yang sudah aku persiapkan untuk kembali pada Sang Pencipta.
Sampai disitu apa yang terjadi?

Ternyata aku belum mati.

Kecelakaan tunggal itu hampir meninggalkan trauma pada diriku. Tidak hanya itu, ketika aku melewati jalan tepat saat peristiwa kecelakaan seakan tubuhku merespon dengan sangat cepat dan kejadian itu menyergap isi kepala ku. Perasaan takut dan cemas aku rasakan karena lapisan kain itu masih menutupi luka bekas jahitan yang masih basah. Tapi, aku harus melawan dan berdamai dengan diri sendiri.


Aku belum mati

Kalimat itu adalah ungkapan perasaan diriku yang sudah berjuang melawan rasa takut dan perasaan trauma yang kian mengikis dan hampir tak bersisa.
Selalu ada kesempatan untuk belajar dari setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup, karena sejatinya mensyukuri ialah mempersiapkan diri untuk menerima nikmat-nikmat keajaiban yang jauh lebih dahsyat.

Oiya..
Kamu tahu apa yang saat ini sedang aku pikirkan?
Kamu tahu apa yang saat ini aku inginkan?
Kamu tahu apa yang saat ini membuat aku bahagia?
Tenang saja, aku tidak memaksa kamu untuk mengetahui dan memahami semua tentang diriku. Satu hal yang selalu aku minta untuk bisa bertemu dengan kamu yaitu memohon kepada Sang Pemilik Hati supaya aku selalu di dekatkan dengan orang - orang baik yang menginspirasi setiap kebaikannya dan kemuliaan yang terpancar karena ketakwaannya.

Aku suka sekali berjuang apalagi diperjuangkan dalam kebaikan. Kalau kamu suka yang mana?

Terkadang aku merasa berjuang sendiri, merasa tidak ada yang paham saat aku berada di titik terendah dan hampir menyerah. Tapi itu hanya perasaan dan bisa saja salah karena saat aku berjuang tidak hanya tentang mendapatkan apa yang aku inginkan, tapi juga tentang sabar dalam keadaan paling buruk sekali pun. Aku tidak akan menyerah secepat itu, sedangkan dukungan dan semangat sudah aku dapatkan. Aku menikmati setiap proses yang terjadi dalam hidupku.

Ayo berjuang untuk bangkit melanjutkan mimpi yang tertunda

Ayo semangat untuk meraih apa yang sudah di perjuangkan

Kamu yang jauh disana.. semoga aku dan kamu bisa bertemu
Semoga bersamamu
Aamiin...

Waktu bergulir lambat merantai langkah perjalanan kita. Berjuta cerita terukir dalam menjadi sebuah..

Hayoo,  jago kalau yang baca nya nggak sambil nyanyi. Nggak perlu aku lanjut ya, nanti jadi beneran nyanyi deh.
Oiya, untuk menulis pastinya kita harus menyiapkan waktu. Kalau nggak punya waktu biasanya kita disibukkan dengan segala aktivitas, dan sibuk ini menjadi alasan. Intinya kita yang tahu diri kita, sesibuk apa diri kita, dan pilihan ada pada kita. Tinggal kita nya aja mau pilih yang mana. Aku juga mau ingetin diri ini yang masih saja mencari alasan untuk berkarya membuat tulisan.
Ayo menulis, karena ide tulisan itu cepat sekali berubah.

Berhentilah berandai - andai !

Tak perlu lagi melihat berapa jauh jarak yang harus ditempuh, tapi sudah sampai mana kaki ini melangkah?
Mimpi tak akan menemukan kebahagiaan jika kita terlalu khawatir memikirkan hal yang belum dilakukan. Ayolah.. sebesar apa pun mimpi tapi kita hanya diam dan menunggu keajaiban datang tak akan berarti apa - apa. Saat kamu tak punya siapa pun untuk bisa mengeluarkan keluh kesahmu, maka dirimu sendirilah yang harus kuat. Fokus apa yang dijalani saat ini, tak perlu memikirkan pendapat orang lain atas impian yang telah diukir.


Jangan takut bermimpi karena setiap impian punya jalannya masing - masing.


Tentang Penulis

Desi Cahyani Irawan adalah anak ke 2 dari 3 bersaudara. Aktivitas saat ini mengajar di sekolah Lebah Madu, mahasiswi di Sekolah Tinggi Keguruan, Aktif kegiatan sosial dan komunitas dakwah. Kesibukannya tidak menyurutkan dirinya untuk tetap berkarya. Lakukan dengan riang, tetap semangat dan bersama dalam kebaikan adalah motto hidupnya.
Share:

22 comments :

  1. MaasyaAllah Tabarakallah.. cakeppp bu decii๐Ÿ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga menginspirasi ๐Ÿ˜Š

      Delete
  2. Terimakasih atas tulisannya...sangat termotivasi...๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

    ReplyDelete
  3. Kak desiii๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ Tjakeep masyaallah๐Ÿ”ฅ❤️✨
    Sangat memotivasi๐Ÿ™๐Ÿค—

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ๐Ÿค—, tetap semangat Salsaa menebar kebermanfaatan untuk banyak orang..

      Delete
  4. Semangaat terus kak desii❗️๐Ÿ”ฅ๐Ÿ’ช
    Aku pengen nulis☹️ tapi memikirkan idenya susah banget๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ข

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap semangat, semangat terus untuk Salsa ✊๐Ÿป, hehe.. kalau aku tulis aja apa yang tiba² muncul, mau itu nyambung atau ngga tulis dulu.. nanti nya siapin waktu untuk baca tulisan sendiri (sebagai pembaca) bisa kita tambahin dan kembangin lagi.. ide bisa kita dapat dari sekeliling kitaa hehe.. semangaat

      Delete
  5. assalamualaikum... saya suka artikelnya bagus dan sangat menginspirasi kak...

    ReplyDelete
  6. Kerenn dan memotivasi sekali.
    Kalimat nya sangat membara and Masya Allah banget lah pokoknya

    Semangat kak Desiii !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ☺️, terima kasih kak Rani.. siap semangaat juga untuk kakak

      Delete
  7. Barakallaahu fiik mbak Desi,, super keren! Maasyaa Allaah! Semoga tetap istiqamah dan selalu menginspirasi bnyk org dalam kebaikan. Allaahumma aamiin

    ReplyDelete
  8. Barakallaahu fiik mbak Desi,, super keren! Maasyaa Allaah! Semoga tetap istiqamah dan selalu menginspirasi bnyk org dalam kebaikan. Allaahumma aamiin

    -Azzam

    ReplyDelete
  9. Artikel yang membakar semangat. Menginspirasi dan memotivasi. Semangat selalu kak.
    Berkunjung juga ya ke artikel ku.

    ReplyDelete
  10. MasyAllah aritikelnya nyentuh banget dan bingkin semangat untuk tiap harinya..
    Nunggu update ni..

    ReplyDelete

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis