Komunikasi Tulisan

Oleh : Ikrimah

Alasan pertama kalau di tanya alasan kenapa harus menulis jawabannya tentu karena kita suka menulis. Dengan menulis setidaknya menyalurkan beberapa hobbi kita yang mungkin terpendam dalam diri dan dengan seenaknya dituangkan dalam tulisan. Begitulah hobbi senang jika di salurkan, jika dipendam ada terasa sesak hahahaha. Sedikit lucu tapi itu kenyataan bagi yang mempunyai rasa yang sama.

Alasan kedua tentang masa depan yang masih menjadi misteri dalam kehidupan. Kita tak pernah tahu kelak kita kan jadi seperti apa dan bagaimana. Tapi tulisan seumpama rengkaman jejak yang telah kita lalui. Jika sukses adalah milik kita maka akan kita terapkan ke anak cucu walau lewat tulisan. Tapi jika ada keburukan dalam hidup, setidaknya mereka juga kelak akan tahu mana yang harus dihapus dari daftar perjalanan neneknya. Begitulah hidup, jika ingin singkat maka berdiamlah tanpa menebar. Jika ingin nama mu lebih lama maka tulislah walau itu sekedar perasaan. Misalnya " hari ini aku berterimakasih". Mengingatlah dalam tulisan.

Alsan ketiga mengasah kemampuan dan hobbi, karena banyak sekali orang yang hobbi tapi malas untuk mengasah sehingga hobbi itu hanya sekedar surat rahasia yang tersimpan di dalam buku lama kelamaan menjadi usang dan berdebu. Baiknya hobbi ditunjukkan jati dirinya, agar kekurangan dan kelebihan tampak oleh siapapun itu yang dinamakan "open minded"

Alasan ke empat mungkin karena sudah jatuh cinta. Berawal dari rasa suka, menjalani hari-hari dengan menulis lalu timbul rasa nyaman akhirnya jatuh cinta. Jatuh cinta pada proses yang rumit, jatuh cinta pada kesalahan yang segera diperbaiki dan akhirnya jatuh cinta pada goresan-goresan tinta sendiri. Indah bukan? Jatuh cinta pada karya sendiri.

Alasan ke lima berhubungan dengan karya, tak bisa dipungkiri sesuatu yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil. Baik itu hasil pengalaman mendewasakan diri atau hasil yang dimaksud dengan materi. Karya yang baik akan menghantarkan ke masa depan yang baik dan luas. Karena pengalaman dan pengamatan akan berbanding dengan upaya dan hasil. Teruslah berkarya " Never give up"

Alasan ke enam adalah rasa bangga, tentunya jika kamu memiliki karya yang baik kamu merasa bangga. Bisa banggain orang tua, kakak dan saudara-saudara lain. Tapi ingat ya, jangan semata kebanggaan membuat mu sombong.

Alasan ketujuh adalah menambah teman, seringkali kita beranggapan bahwa seorang penulis itu memiliki karakter penyabar, penyayang, pengertian. Mungkin karena proses penulisan yang berliku-liku menjadikan anggapan itu nyata. Dengan membaca karya-karya mu, orang-orang akan mengidamkan mempunya teman seperti mu karena menurut mereka diri mu sama seperti tulisan mu. Bukan cuma pendapat tapi ini nyata lo.

Jujur banyak sekali penulis yang sama sekali aku gak kenal wajah nya. Sering mau lihat di google, tapi selalu aja kelupaan dan terlewat. Bahkan sampai detik ini waktu menulis ini aku belum lihat wajah nya. Tapi kalau aku baca novel nya inshaallah aku kenal siapa penulis nya, karena menurut aku setiap penulis memeliki ciri khas masing-masing dalam penulisan nya. Entah itu benar atau nyata aku kurang paham. Tapi tebakan ku selalu benar walaupun gak semuanya Hahahah.

Alasan ke delapan yaitu menghilangkan kebosanan. sebagian orang orang menulis adalah menimbulkan bosan, sebagian orang yang mencintai tulisan menulis adalah salah satu penghilang rasa bosan.

Alasan terkahir adalah aku ingin menjadi seseorang yang bermanfaat. Dengan menulis kebenaran, pengetahuan atau bahkan kerecehan akan memberikan manfaat bagi orang lain. Satu peluru dapat menembus satu kepala manusia, tetapi satu tulisan dapat menembus jutaan kepala manusia. Oleh karena itu alangkah baiknya jadilah seorang penulis yang menyampaikan kebenaran dan mengalahkan kebatilan. Karena tidak ada usaha yang akan menjadi nilai nol dipandangan sang Pencipta.



Tentang penulis

Nama saya ikrimah, lahir pada tahun 1997. Saya anak terakhir dari Sembilan bersaudara sekarang saya menempuh pendidikan di Universitas sumatera utara fakultas farmasi. Hobbi saya adalah menulis cerpen dan puisi, karena saya lebih suka menulis daripada berbicara walau demikian saya suka bernyanyi. terimakasih



Share:

Post a Comment

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis