Alasan Aku Menulis Oleh Siska Fathonatul Fikri

Oleh: Siska Fathonatul Fikri


Sebelumnya perkenalkan namaku Siska. Pada kesempatan kali aku akan membagikan beberapa alasan – alasanku dalam menulis, entah itu cerpen, puisi bahkan quotes dan mungkin juga beberapa dari kalian juga memiliki alasan yang sama denganku dalam hal menulis. Baiklah langsung saja, antara lain :

1. Menulis sebagai media untuk mengungkapkan perasaan. Nah nah pasti banyak dari kalian hal yang seperti ini bukan? Dimana kalian tidak mampu mengungkapkan apa yang kalian rasakan kepada orang lain entah itu perasaan bahagia, sedih, marah, bahkan kecewa. Sehingga banyak diantara kalian yang memilih untuk mengungkapkannya dalam wujud tulisan seperti aku.


2. Menulis sebagai media mengingat sesuatu atau bisa juga disebut menolak lupa suatu kejadian/peistiwa maupun informasi. Entah itu yang bahagia maupun yang sedih.
Jadi buat kalian yang nggak mau lupa sama hal – hal/momen - momen penting cocok nih dijadikan sebagai alternatif. Missal nih ya, peristiwa kalian di tembak pacar atau bisa juga saat kalian bertemu cowok ganteng atau cewek cantik atau bisa juga masa – masa putih abu – abu/masa sekolah kalian, biar nggak lupa bisa banget buat di tuangin ke dalam bentuk tulisan.


3. Dengan menulis kita bisa mendapat honor, fee, atau hasil dari penjualan buku – buku yang kita tulis. Benar nggak? Pasti kebanyakan iya. Soalnya bagi kita seorang yang suka/hobi menulis dan tanpa di sangka apa yang kita tulis bisa di terbitkan dan menghasilkan uang. Pasti menjadi kebanggan tersendiri, bukan?
Tapi syaratnya harus sungguh – sungguh menekuni hal tersebut sehingga dapat menghasilkan karya yang dapat menghasilkan uang.


4. Melalui kegiatan menulis kita bisa berkenalan dengan banyak orang melalui tulisan – tulisan kita. Ya aku tipikal orang pemalu, alhasil aku agak kesulitan dalam mencari teman. Tapi, setelah aku mencoba menekuni dunia kepenulisan aku jadi bisa mendapatkan lebih banyak teman. Entah itu dari wattpad maupun seminar – seminar kepenulisan yang sering aku ikuti bahkan ada juga yang dari komunitas menulis.
Jadi buat kalian yang pemalu seperti boleh di coba cara ini ya.


5. Dengan menulis memudahkan kita dalam menangkap makna dari informasi – informasi yang diperoleh dari hasil membaca atau menyimak. Bukan hanya itu ketika habis membaca dan kemudian menulis hasil dari apa yang kita baca, maka itu akan memudahkan kida dalam hal menghafal. Dan itu sangat berguna bagi para pelajar seperti aku. Kalo nggak percaya coba aja.


6. Menulis ku jadikan sebagai media memotivasi diri mungkin juga orang lain. Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan begitu juga dengan aku. Setiap kali aku gagal aku selalu menuliskan kata – kata motivasi atau quotes untuk menyemangati diriku sendiriagar dapat kembali bangkit bahkan menjadi lebih kuat lagi. Dan aku juga berharap orang yang juga merasakan apa itu gagal dapat bangkit juga bahkan menjadi lebih kuat lagi melalui karya – karyaku.


7. Menulis sebagai media berbagi pengalaman entah itu yang baik maupun yang buruk. Supaya apa? Supaya mereka yang membaca karyaku dapat mengambil pelajaran dari pengalaman baikku dan semoga terhindar dari pengalaman buruk yang pernah aku alami. Sama halnya dengan kata – kata "pengalaman adalah guru terbaik." Jadi pesan buat kalian jangan pernah bosan untuk belajar dari pengalaman.


8. Menulis sebagai media berbagi informasi. Tulisan memang memang sangat tepat dijadikan tempat berbagi informasi  terutama di zaman yang serba digital seperti sekarang ini orang – orang lebih suka mencari informasi lewat dunia maya, baik dari blog maupun media sosial soaial lainnya.
Jadi buat kalian yang suka nulis bisa dan juga suka berbagi informasi menarik boleh banget nih dijadikan alternative.


9. Menulis sebagai media mengutarakan pendapat/aspirasimaupun komentar disaat pendapat/aspirasi maupun komentar begitu mustahil untuk di ucapkan secara langsung.
Misal ya pendapat kita mengenai rusaknya suatu jalan, kita tidak bisa hanya menyuarakan pendapat kita agar jalan tersebut cepat di perbaiki hanya kepada tetangga kita saja. Tapi, kita harus menyuarakannya kepada pihak yang memang seharusnya bertanggung jawab atas hal tersebut. Dan misal pihak tersebut jauh keberadaannya dari tempat kita maka kita dapat menyuarakannya dalam bentuk tulisan berupa petisi maupun berita di surat kabar.

10. Menulis sebagai media mengumpulkan kepercayaan diri. Dengan menulis aku merasa klebih percaya diri. Karena ada saat dimana aku merasa menjadi makhluk tak berguna, tak berharga, dan rasanya ingin menghilang dari permukaan bumi. Tetapi dengan menulis aku merasa sedikit berharga dan lebih percaya diridalam menjalani hidup.

       Dan sebenarnya masih banyak lagi alasan – alasanku dalam menulis. Tapi untuk sekarang cukup segini dulu. Terima kasih buat semuanya dan semoga bermanfaat buat kalian yang membaca.

Jember, 7 agustus 2020


TENTANG PENULIS

NAMA    : SISKA FATHONATUL FIKRI
TTL        : Jember, 14 Agustus 2000
PENDIDIKAN : Mahasiswi Akpar Buana Wisata Yogyakarta
MOTTO     : Tetap jadi diri sendiri dan masa bodohlah sama apa yang orang – orang katakana tentang dirimu karena mereka tidak tau siapa sebenarnya dirimu dan karena hanya kamulah yang tau tentang dirimu bukan mereka.

Share:

1 comment :

  1. Hai, kak! Semoga kita selalu semangat untuk terus menulis dan berkarya💪🔥
    Jangan lupa mampir ke tulisanku yaa😍

    ReplyDelete

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis