Aku dan Alasanku Menulis


Oleh: Besse Elma Suci


Stop dreaming, just write!

Jika saya ditanya hal apa yang paling kamu sukai? Mungkin satu-satunya jawaban yang terlintas dipikiran saya hanyalah menulis. Bukan tanpa alasan, rasa suka dengan dunia ini sejak lama. Hanya saja dulu belum memiliki niat yang begitu besar tetapi sekarang rasanya saya lelah hanya bermimpi. Saya berusaha melawan kemalasan serta berani bertempur dengan diri sendiri, sepertinya benar sekali jika musuh terbesar adalah diri sendiri.  Setiap orang mempunyai alasan menyukai sesuatu termasuk saya, dan inilah alasanku :

1. Menyalurkan Fantasi

Alasan pertama kenapa saya menulis adalah sekali lagi bahwa ingin menyalurkan fantasi dan khayalan yang kadang over. Meskipun terkadang susunan kata, pemilihan diksi, konflik, alur, penokohan dan sebagainya belum bagus tetapi semua itu  butuh proses 'kan? Kalau tidak memulai,  selamanya hanya akan bisa bermimpi dan tak akan pernah terwujud. Saya pun tak tahu apakah bisa menjadi seorang penulis yang karyanya akan dikenang, tetapi setidaknya saya ingin mencoba. Saya tidak ingin lagi bermimpi,  I'll make it come true.

2. Mewujudkan mimpi

Alasan yang kedua adalah ingin mewujudkan impian. Seperti perkataan saya sebelumnya, yang tidak mau hanya menjadi sebuah mimpi saja, saya ingin menjadikan nyata. Bayangan ketika tulisan bisa diterbitkan dan dicetak dalam bentuk buku sudah cukup membahagiakan bagaimana kalau itu menjadi nyata. 
Tapi bukan asal menerbitkan buku. Saya ingin tulisan yang berkualitas dan ada pesan moral yang mampu pembaca ambil. Jujur saja masih pusing bagaimana caranya, saya masih berputar-putar dalam lingkaran itu. Sekarang masih dalam tahap pencarian gaya menulis yang cocok. Menulis aja dulu, ini hitung-hitung agar melatih merangkai kata dan tidak membuat malas.

3. Menulis = belajar

Mengapa? Pernah baca kisah atau cerita yang membuat kita terkagum dengan detail perkerjaan tokoh? Atau pernah baca sesuatu di dalam cerita dan kita baru tahu info tersebut dari buku itu? Atau misalnya kita tertarik karena pemilihan diksi yang tepat dari suatu buku? 
Nah, sebelum menulis  pasti ada tahap observasi dulu. Misalnya  kita mau menulis kisah dokter. Pastinya kita akan membaca dulu seputar kehidupan dokter atau buku-buku tentang dunia kedokteran, karena jika tidak tentu akan bingung mau menulis apa atau malah salah memberikan informasi. Maka dari itu dengan menulis aku bisa belajar dan menjadi apapun dan itu sesuatu yang menyenangkan.

4. My world, my imagination

Dengan menulis saya bisa terjun dalam dunia saya. Dunia khayalan dan imajinasi and you can create what you want, then you can  be whatever you want.
Saya suka terjebak di dalam khayalan itu. Tulis saja apa yang ada dipikiran, bisa jadi suatu saat imajinasi itu bisa menjadi suatu karya yang dibanggakan. Kita bisa mecontoh beberapa penulis kenamaan yang menggunakan imajinasinya dan akhirnya melahirkan sebuah karya yang mengagumkan. Luar biasa 'kan?

5. Melalui tulisan aku bisa berbicara

Kadang untuk berucap ataupun untuk mengungkapkan perasaan melalui kata-kata terasa sulit. Saya kadang lebih mudah memilih kata yang pas untuk menggambarkan apa yang sedang saya rasakan jika menulis dibanding berbicara langsung. 
Perasaan atau apa yang ingin saya katakan biasanya tersampaikan maksudnya. Melalui tulisan saya bisa menelaah maksud dan apa yang saya inginkan tanpa harus merasa gugup atau terintimidasi.

6. Lebih bersemangat

Setiap orang pasti mempunyai hal yang disukai. Biasanya ketika melakukan hal yang disukai pasti menyenangkan. Jika menyenangkan pasti bersemangat. Simple as that. Saya hanya mencari hal yang menyenangkan dan membuat lebih bersemangat. Seperti yang saya katakan kemarin, bahwa menyenangkan jika bisa terjebak dalam dunia yang disukai.

7. Lebih kreatif

Kreatifitas bukanlah bakat tetapi hal yang bisa dilatih, dipelajari dan dikembangkan. Dengan banyak berlatih menulis maka semakin bagus kualitas tulisan. 
Nah, biasanya ide-ide kreatif bisa didapatkan dari membaca atau peka terhadap suatu hal di sekitar. Menulis dan membaca adalah hal yang tidak dapat dipisahkan karena membaca adalah kuliah bagi penulis.

8. Tempat menuangkan ide

Jadi saya punya kebiasaan sehabis baca buku atau nonton film or drama korea yang bikin melted, biasanya saya tidak bisa tidur. Karena ide-ide kadang muncul saat itu juga. Kalau tidak segera dituangkan saya bisa terjaga semalaman.
Makanya saya memilih menulis sebagai media untuk menyalurkan karena bingung di mana lagi? Aneh? Ada yang sama?

9. Sebuah Karya

Alasan saya menulis salah satunya ya karna ingin ada karya. Pasti semua tahu bahwa karya akan dikenang walaupun raga sudah tak ada. Meskipun belum tentu akan dikenal oleh banyak orang tetapi setidaknya saya ingin meninggalkan jejak.

10. Saya ingin jadi penulis

The last reason is (terakhir untuk saat ini, alasan-alasan lain akan bermunculan seiring waktu) saya ingin jadi penulis.
Alasan kenapa mau menulis? Tentu saja karena mau jadi penulis pastinya. Ini impian yang sudah lama saya pendam dan malu-malu saya ungkapkan. Kenapa malu? Karena merasa tulisan saya tidak begitu bagus dan tidak percaya diri, tapi setelah mengikuti beberapa pelatihan kepenulisan hal itu wajar, yang terpenting mau belajar dan berusaha.
Bismillah ya untuk meraih mimpi yang sudah tidak malu-malu saya tunjukkan ini, semoga tercapai.   



(Makassar, 07 Agustus 2020)



Tentang Penulis

Besse Elma Suci dengan nama pena Lunabelle, lahir di Longka, 09 Mei 1996. Tercatat sebagai alumni Fakultas Sastra Inggris di Universitas Muslim Indonesia. Wanita tukang khayal yang sangat mencintai dunia literasi dan menyukai segala hal yang berbau K-Pop. Jejak bisa ditemukan di akun instagram dan twitter @besseelmasuci, serta di akun Wattpad @lunabelle12.
 

Share:

1 comment :

  1. Hai kak, semoga kita selalu semangat untuk terus berkarya💪🔥
    Jangan lupa mampir ke tulisanku yaa😍

    ReplyDelete

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis