KENAPA MENULIS??




Oleh : Vania Since Tooy

 

Bekasi,07 Agustus 2020

Mungkin karna keisengan  ku yang menjadikan menuis sebagai hobby.

Ya, menulis salah satu keisengan ku saat aku masih duduk dibagku SMP. Saat itu aku tau betul kenapa aku menulis, awalnya karna aku merasa bosan dan akhirnya aku iseng untuk menulis. Tapi tanpa aku sadar keisengan itu lama-lama menjadi suatu kebiasaan yang selalu kulakukan setiap harinya. Saat aku menulis, otak ku akan banyak membuat imajnasi. Banyak hal yang aku tulis, dari kejadian apa yang aku alami, aku membuat cerpen dan puisi.

Selain itu menulis juga tempat ku berbagi cerita. Mungkin tak banyak orang yang mudah membagikan kisah mereka ke seseorang, atau bahkan ke seorang yang dekat sekalipun. Menulis membuat ku dapat bercerita dengan bebas melalui goresan pena. Dengan menulis aku bebas menuangkan apa yang aku sukai dan tidak. Selain itu apapun masalah yang terjadi dapat dituagkan dalam tulisan, tanpa harus merasa bahwa akan dihina, dicaci ataupun diasingkan.

Ya, karna aku seorang yang introvert, sejujurnya aku bukan introvert pada awalnya. Tapi entah kenapa aku menjadi seorang introvert. Introvert bukan berarti mereka tidak bisa bergaul dengan yang lainnya, tapi mereka hanya tidak ingin kalau terlalu banyak orang, dan banyak berinteraksi. Introvert juga bukan berarti mereka ga bisa punya teman, hanya saja mereka memilih teman yang bukan toxice.

            Mugkin sudah cukup lama aku menulis.menulis mungkin suatu objek mengenang kembali peristiwa yang pernah kita alami, mengenang tidak hanya selalu dari apa yang kita potret ataupun goresan dikanvas mengenang bisa melalui coretan-coretan kalimat dikertas putih. Mungkin nanti, saat semua berlalu, saat kita kembali melihat tulisan yang kita buat, kita akan mengenang dimana kita akan bercerita pada selembar kertas, merasakan perasaan bahagia, sedih, da bimbangnya kita pada saat itu.

Selain itu banyak orang yang beranggapan menulis merupakan hal yang keren. Lohh kok keren, kenapa? Ya, karna banyak penulis yang telah membuat karya dan mendapatkan aprsiasi dari banyak orang, contohnya jika penulis membuat novel, cerpen,puisi dan yang lainnnya. Tapi proses dibalik kerennya seorang penulis, apa sekeren itu? Nyatanya tidak. Naskah atau novel yang kita bikin terkadang ditolak oleh editor, karna pasar tidak suka dan kurang tertarik dengan cerita yang kita buat. Jadi keren itu ga mudah bagi seorang penulis.

            Pengembangan diri. Loh apa hubungannya degan menulis? Kadang banyak yang masih belum sadar apa petingnya menulis . menulis kita otomatis akan membaca, banyak dari kita mencari refrensi sebelum menulis. Karna menulis tak hanya menuangkan apa yang ada dihati kita,apa yang kita rasakan, tapi meulis melatih kita menuangkan pemikiran, dan pedapat kita, secara otomatis menulis melatih otak untuk berikir dan menjadikan nya sebuah tulisan.

            Menulis juga membuka networking / pertemanan kita dengan orang baru. Menjadi penulis ga hanya menuangka apa yang kita ingginkan, tapi juga berkomunikasi dengan para pembaca melalui apa yang di sampaikan penulis melalui karyanya.

            Meulis mungkin bisa memberikan motovasi bagi diri sendiri ataupun orang lain dengan membagiakan pengalaman, atau apapun yang kita alami dalam hidup yang kita bagikan memlalui tulisan. Yang bisa menjadikannya motivasi atau panutan. Mungkin tulisan seseorang akan menjadi sebuah motivasi untuk orang lain. Disaat seseorang membutuhkan masukan,atau motivasi mereka akan membaca, atau juga mereka yang sedang bosan, mereka akan membaca dan mendapatkan motivasi.

            Seorang penulis juga bisa banyak memiliki profesi selain menjadi penulis. Penulis bisa saja jadi dokter, artis, atlit atau apapun yang diinginkan penulis. Selain itu menjadi penulis juga melatih kita membaca.

            Tak banyak seorang penulis yang memiliki penghasilan dari karya yang diciptakan. Mendapatkan keuntungan bagi penulis bukan hal yang mudah. Menjadi penulis akan terikat kontrak, dikejar deadline, mungkin banyak yang beranggapan menjadi penulis akan selalu dibayar. Tapi nyatanya tidak, menjadi peulis dan menerbitkan karyanya bukan hal yang mudah.



Bionarasi Penulis:

Hallo semuaJ teimakasih sudah membaca dan meluangkan waktu kalian.

Perkenalkan aku Vania Since Tooy, kelahiran Jakarta 24 Januari 1999. Kalian bisa panggil aku Vani atau Choi .

Akun sosmed: IG:@xxcan806 dan Vania_sefa

Terimakasih SemuaJ

Share:

Post a Comment

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis