Kenapa Bermain Dengan Kata?

Oleh : Anjung Dwi Dewi Milini

Siapalah aku tanpa tulisan?  sejenis manusia dengan darah dan tulang tak ada beda dengan lainnya. Apa jadinya jika aku tidak menulis? hilang, aku akan hilang dari banyaknya jenis manusia agung dan terkemuka . Setiap kata yang kubuat aku persembahkan utuk pembaca yang mau meluangkan sedikit waktu untuk tulisan ini, dan inilah alasan lain aku menulis :

1.      Aku
      Aku menulis karena "aku", tidak ada bantahan, tanpa paksaan, ataupun sebab tertekan. Aku menulis karena aku ingin menulis, aku melakukan apapun yang aku suka. Aku jiwa yang bebas. Dan dengan menulis aku lebih liar dalam kebebasanku. Tidak ada yang bisa menghalangi atau memutus kata-kata dalam tulisanku. Mereka satu, hanya pembaca sampai akhir yang akan paham apa maksudku. Tidak akan ada interupsi pada tengah argument di tulisanku. Segala hal dalam anganku menguar keluar. Selama pena masih terisi tinat, segala keluahan dalam angan, maka aku menulis. Karena "AKU".

2.      Butuh

      Nihil bagiku mengandalkan manusia sepenuhnya. Aku butuh kesediaan manusia untuk menggenggam tanganku, tapi dengan menulis aku tidak perlu validasi atasnya. Aku butuh sepasang telinga untuk mendengar keluhku. Tapi dengan menulis, sesakku dapat tercurah walau bentuk saksi bisu adanya. Siapa yang peduli keluhku akan terdengar atau tidak? Aku hanya butuh meluapkan, jika bukan pada siapa, mungkin akan kulakukan pada apa. Tulisan adaalh pelampiasanku, tempatku meluapkan segala penat dan curah. Laksana manusia yang membutuhkan makhluk alinnya, rasanya menulis adalah salah satu butuhku. Jiwaku, luapan emosi yang harus ku keluarkan. Aku seorang remaja labil.

3.      Kolaborasi
      Alam, pikiran, suasana, serta emosi merupakan kolaborasi yang epic untuk melahirkan tulisan yang membekas di pikiran, menyentuh di hati, dan membangkitkan gairah si pembaca. Lain lagi dengan jemari, hati, dan otak yang berkolaborasi untuk mencipta ikatan kata agar penuh makna, jalinan kalimat agar tersirat kuat dan juga padat. 
Pun dengan kolaborasi antar pena dan kertas, atau keyboard dengan jemari. Keduanya saling membutuhkan serta saling melengkapi.  Bukan suatu hal yang mudah, kolaborasi tercipta membuat pikiran lebih tajam, daya ingat yang lebih kuat, dan perasaan yang lebih peka. Sebab itu aku menulis.

4.      Belajar
      Menulis bukan bakat dari lahir, tapi kebiasaan dan pembelajaran yang dilakukan secara berulang untuk mendapatkan susunan kalimat yang sesuai dengan bentuk tulisan. Sebagai mahasiswa, menulis adalah kegiatan yang pasti dilakukan entah dalam pembuatan skripsi, laporan, essay, dll. Menulis puisi akan beda denagn dengan menulis artikel, pun dengan menulis opini atau cerpen. Pemilihan diksi, frasa, penulisan tanda baca, PUEBI, bahkan mencari judul serta menyesuaikan tema dan banyak hal lain yang harus dipelajari. Mulai menulis dari sekarang serta meamstikan penegtahuan dan cara menulis sudah cukup terpenuhi hingga nanti memudahkan dalam pengerjaan tugas yang sebenarnya.

5.      Otak ke-2

Tulisan adalah otak ke-2. Tulisan dapat menyimpan memori lama tentang kenangan, harapan, serta pemikiran. Baca lagi tulisanmu, akan kamu temukan bahwa perjalananmu telah sejauh ini. Baca ulang tulisanmu, kelak kamu akan ingat cita cita besarmu dulu, entah sekarang tergapai tangan atau justru pupus di tengah jalan.Baca kembali tulisanmu, senantiasa banyak ide ide handal yang mungkin bisa kamu kembangkan sekarang. Bacalah, mungkin akan memalukasn, tapi setidaknya mengingatkan bahwa kamu pernah di fase tak ingin terkenang dan bisa bangkit dari permasalahan. Semua itu berlaku, jika kamu punya tulisan ataus ekedar coretan. Apa aku melebihkan tentang ini?

6.      Penyelesaian
      Hal yang membutuhkan analisa yang mendalam, b
agaimana bisa kamu menganalisa tanpa mencatat bagiannya?.Setiap orang punya pandangan masing masing, namun kadang kita tersesat pada opini yang telah kita bangun sendiri, banyaknya kritikan membuat kita memikirkan kembali pandangan yang telah kita pilih. Apakah kamu akan mengikuti kritikan mereka atau tetap mempertahankan opinimu? untuk mengetahui mana yang terbaik maka kamu bisa mencatat kekurangan dan kelebihannya, silahkan tuliskan. Kita bisa menerka ulang serta mengamati kembali setiap opini yang tersampaikan dan memikirkan mana yang lebih tepat sebagai penyelesaian. Itulah guna tulisan.

7.      Semestaku
      Semesta dan isinya adalah milik tuhan, segalanya tiada bantahan. Namun dengan menulis aku mempunyai semestaku, semesta yang berdiri karena hasil imajinasi, semesta yang berjalan sebab bayangan angan. Semesta yang bisa membawa orang masuk ke dalamnya, semesta kecilku hanya rangkaian kata, semesta kecilku bisa dirasa hanya dengan penghayatan baca. Disana aku atur segala alur, aku cipta berbagai watak, lalu aku tamatkan sesuai kemauan. Disana semestaku, di antara tumpukan kertas, atau lembar kerja word, disana adalah letak semestaku, tempat aku mencipta duniaku, milikku.

8.      Membaca
      Aku menulis untuk membaca, aku membaca untuk menulis. Dengan menulis aku menghasilkan bahan bacaan entah untuk diriku sendiri atau aku sebar luaskan pada orang lain. Dengan membaca aku bisa menambah ide dan informasi untuk tulisanku. Aku menulis karena kau membaca. Sangat disayangkan ketika kita membaca namun tidak mendapat poin penting dari bacaan tersebut. Untuk itu kamu bisa menuliskan poin utama apa yang perlu kamu tuliskan, bisa dalam bentuk rangkuman atau hanya sebagai informasi tambahan dari tulisanmu. Hal itu sebagai pengingat dan inti dari bacaan yang kita baca.

9.      Berpikir
      Libur panjang kuliah takkan kubiarkan otak kecilku berhenti bekerja, akan aku paksa dia mengeluarkan sejumput kata, entah akan kugubah menjadi apa, takkan kubiarkan dia malas serta berlaku jumawa. Maaf jika kamu punya majikan yang tidak punya belas kasih rasa, tapi ini untukmu, supaya tidak hilang ingatanmu, ayo berpikir otak kecilku. Jangan pikun terlalu dini.

10.      Sejarah

       Sejarah yang ditulis oleh orang lain pastilah kejadian yang luar biasa sehingga ceritanya dapat di jual dan memotivasi yang lain. Apa kamu yakin di masa depan kisahmu begitu hebat, perjuanganmu begitu kuat, hasil jerih payahmu keren terlihat sehingga mereka menuliskannya? Atau kamu bisa mulai menuliskan kisah hebat versimu sehingga dibaca dan dinikmati orang lain, syukur apabila justru bisa memotivasi yang lain. Bisa menjadi sejarah ketika hal itu dibicarakan atau dituliskan, yang dibicarakan akan lapuk termakan zaaman dan akan hilang, tapi apa yang ditliskan datanay akan tetap tersimpan dan adapat dikenang ketika ingatan t'lah hilang (pikun).

Tentang penulis : Penulis awam yang lahir di Kuala Kuayan, 3 Agustus 2000 dengan nama lengkap Anjung Dwi Dewi Milini. Saat ini tengah menempuh pendidikan di Universitas Jember. Berdomisili di Magetan, Jawa Timur. Informasi lebih lengkap bisa menghubungi penulis di alamat email dwianjung@gmail.com .

 

Share:

107 comments :

  1. Bagus sekali kak, semangat berkarya!!

    ReplyDelete
  2. Lanjutkan kak..... Nice sangaatt

    ReplyDelete
  3. Kata-katanya bagus... Semangat berkarya..

    ReplyDelete
  4. Wadidaw, mantap dah tuh. Lanjutkeun nak Anjung, buat teman dan ortumu bangga.

    ReplyDelete
  5. Aku suka pilihan redaksi yang kakak pakai, mudah dipahami. Next...mungkin lebih diperhatikan typonya kak, g banyak sih tapi bakalan lebih bagus kalau g ada typonya hehehee.
    Semangat berkarya kak anjung

    ReplyDelete
  6. Ih cakep kali kak, terus berkarya tanpa batas teman

    ReplyDelete
  7. Semangat buat melanjutkan karyamu hingga ke ujung dunia. Fighting💪💪💪💪💪

    ReplyDelete
  8. Semangat sukses ditunggu karya selanjutnya :v

    ReplyDelete
  9. Keren banget kaaak ✨, semangat terosss

    ReplyDelete
  10. Mantap kakak,, ditunggu karya selanjutnya nd semangat selalu kak

    ReplyDelete
  11. Semangaaaattt terus menulisnya kak, sip

    ReplyDelete
  12. Sudah bagus ulasannya tetapi ada beberapa kata yang harus di edit di bagian (bab) butuh dll,pengulasan otak itu ada sedikit teori biolgi yg harus dijelaskan bahwa 1000neuron manusia pada otaknya hilang setiap hari sejak umur 18tahun dan pasti bisa dibayangkan dengan bertambahnya umur.Oleh sebab itu tetaplah belajar...selebihnya good job��

    ReplyDelete
    Replies
    1. wooww terima kasih masukannya,semoga bisa lebih baik kedepannya

      Delete
  13. Keren banget... Suka sama pilihan kata-kata nya itu lho

    ReplyDelete
  14. Diksi yang digunakan sangat menarik, ditunggu karya-karya berikutnya.

    ReplyDelete
  15. Selamat berkarya dan sukses sll

    ReplyDelete
  16. Keren kak karyanya, terus semangat yaa

    ReplyDelete
  17. Keren kak karyanya, terus semangat yaa

    ReplyDelete
  18. Keren kakakk, semangat berkarya terus yaa!

    ReplyDelete
  19. Replies
    1. masih banyak typo min, tadi cepet cepet huwe. Terima kasih

      Delete
  20. Keren kak, semangat berkarya ya 👍

    ReplyDelete
  21. Aku suka poin 5, 7 dan 10.. Semangatt berkaryaaa!!!

    ReplyDelete
  22. Semngtt berkaryaa teruss kakakkk

    ReplyDelete
  23. suka bgt sama tiap tulisanmu..
    sarat makna tp ttp dg keindahan kata...🌸🌸

    ReplyDelete
  24. Masyaa Allah, mantul, lanjutkan terus Kak... 😊🙂

    ReplyDelete
  25. Semoga anganmu terwujud, gadis kuala kuayan dari kota lamaku

    ReplyDelete
  26. Good, lanjutkan untuk menulis entah menulis buku, artikel, blog atau sejenisnnya curahkan semua disitu kembangkan bakatmu.Jika menulismu akan kau buat karya maka aku akan membacanya.

    ReplyDelete
  27. Cakep. Saya selalu hormat pada penulis yang peduli PUEBI. Salam dari Lumajang, kalo kuliah offline sudah mulai, bisa mampir ke rumah saya. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwuu lumajang, semoga bisa mampir. Hatur nuhun

      Delete
  28. Waw kereeen 😍 semangat berkarya kakak

    ReplyDelete
  29. Bagus Kak, terus semangat berkarya😊
    Mampir juga yu ke tulisan saya☺

    ReplyDelete
  30. Bagus kak😍jangan lupa mampir dipunyaku Bilik Aksara

    ReplyDelete
  31. Menulis untuk membaca, membaca untuk menulis. Kereen kak :)

    ReplyDelete
  32. Hai, kak! Semoga kita selalu semangat untuk terus menulis dan berkarya💪🔥
    Jangan lupa mampir ke tulisanku yaa😍

    ReplyDelete
  33. Keren...semangat menulis terus yaa 🤗

    ReplyDelete
  34. Keren kak anjung mudah dipahami kata2nya .. Salut ... Terus berkarya yaa .. Hwaiting

    ReplyDelete
  35. Keren banget kak! Maa syaa Allah😍 semangat terus✨✨✨

    ReplyDelete
  36. Semangat terus untuk berkarya.. sukses selalu

    ReplyDelete

Design Prokreatif | Instagram Ruang_Nulis